125 Personel Sat Brimobda NTT Ikut Tes Kesemaptaan Jasmani

INFOKINI.NET, KOTA KUPANG – Sebanyak 125 Personel Satuan Brigade Mobile Daerah (SatBrimobda) Nusa Tenggara Timur (NTT) Mengikuti Tes Kesemaptaan Jasmani (TKJ) Berkala Periodik I di Lapangan Polda NTT, Sabtu (6/04/2019).

Hal ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui tingkat Stamina serta Kebugaran, anggota Satbrimobda NTT mulai dari Perwira sampai dengan Tamtama yang dilaksanakan secara berkala yaitu dua kali dalam setahun.

Dijelaskan Dansat Brimobda NTT Kbp Deonijiu De Fatima, S.I.K., S.H bahwa Kegiatan ini sebagai sarana untuk mengukur kemampuan fisik personel Satbrimobda NTT dan anggota yang harus dilaksanakan dengan serius dan semangat. Namun bagi yang mempunyai riwayat sakit dan kelompok umur di atas 50 (lima puluh tahun ) dapat mengukur kemampuannya masing-masing”  ujar Dansat dalam arahannya.Perwira yang hadir lengkap saat itu menambah semangat anggota untuk melaksanakannya dengan baik.

Tes yang diawali dengan pengisian Blanko, pengukuran tinggi badan, berat badan dan kadar lemak ini sebagai data awal kemudian dilanjutkan dengan BELA DIRI POLRI guna mengingat kembali gerakan-gerakan dalam  membela diri terhadap ancaman atau kejahatan lawan.

Sesuai Surat Keputusan Kapolri No.pol. : skep / 984 / XII / 2004  tentang Pedoman Administrasi Ujian Kesamaptaan Jasmani dan Beladiri Polri bagi Pegawai Negeri pada Polri, Kesemaptaan ini digolongkan menjadi 4 ( empat ) kelompok umur. Golongan I usia 18 sampai 30, golongan II usia 31 sampai 40, golongan III usia 41 sampai 50 tahun dan yang terakhir golongan IV usia 51 sampai 58 tahun. Namun di kolaborasi sesuai Perdankor Nomor 1 tahun 2019 dengan penggolongan berdasarkan Usia sebanyak 10 golongan  dengan menempuh jarak lari sejauh 3200 meter yang nantinya  berkaitan dengan penilaian dan perlakuan Tes Kesemaptaan Jasmani tutur Kasubsi Kesjas Aipda Ford Rainey menjelaskan teknisnya.

Sedangkan untuk push up, sit up, pull up dan suttle run dinilai dari banyaknya gerakan yang sesuai aturan dalam waktu yang ditentukan.

Selain Tes Kesamaptaan Jasmani (TKJ), dilaksanakan juga pengambilan data masa tubuh bagi anggota meliputi tinggi badan dan berat badan serta lemak tubuh.

“Khusus pengambilan data masa tubuh hal ini kami lakukan untuk mengetahui jumlah anggota Satbrimobda yang memiliki bobot tubuh melebihi standar untuk selanjutnya mengikuti  program Pengendalian Berat Badan (PBB).

“Harapannya anggota Satbrimobda NTT  memiliki tubuh yang proporsional dan fit sehingga akan maksimal dalam memberikan pelayanan tugas  kepada masyarakat, bangsa dan negara” pungkas  Dansat Brimob. (HMS/WK)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *