Scroll untuk baca artikel
DaerahEkbis

Desa Nuba Mado Lembata Jadi Saksi Bisu, Bripka Yonas Magang Sauw Budidaya Ikan Nila Bantu Masyarakat Kembangkan UMKM

232
×

Desa Nuba Mado Lembata Jadi Saksi Bisu, Bripka Yonas Magang Sauw Budidaya Ikan Nila Bantu Masyarakat Kembangkan UMKM

Sebarkan artikel ini

INFOKINI.NET, LEMBATA – Sebuah kisah inspiratif datang dari seorang anggota Polres Lembata, Nusa Tenggara Timur. Dia adalah Bripka Yonas Magang Sauw, kapospol Kp3 Laut Lewoleba-Lembata. Disela-sela kesibukannya sebagai anggota polri, ia selalu meluangkan waktunya untuk menggali potensi alam yang ada di sekitarnya.

Yonas juga membawa semangat kreativitas dan kepedulian yang tinggi dalam membantu masyarakat merintis dan mengembangkan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Terinspirasi wejangan bijak sang ayah, Yonas membawa misi luhur untuk senantiasa berkontribusi kepada sesama dimana pun dia berada.

Bripka Yonas Magang Saw sedang memberi makan ikan nila dibudidayakannya bersama dengan Theo, warga desa Nuba Mado, kecamatan Nubatukan

Di Desa Nuba Mado, Kecamatan Nubatukan, bersama Theo, seorang warga yang penuh semangat, mereka memulai budidaya ikan nila di lahan yang subur, sekaligus menjadi cikal bakal harapan bagi kemajuan ekonomi masyarakat setempat.

Pada awal Agustus 2023, Yonas dan Theo mulai membangun lima kolam untuk pembibitan dan pembiakan ikan Nila. Yonas dan Theo sukses mengubah lahan itu menjadi pangkalan pembibitan ikan Nila.

Proses pembiakan dimulai pada awal September 2023, dan hasilnya melebihi harapan. Kini, lebih dari seribu anakan ikan Nila berkembang dengan sangat baik.

“Puji Tuhan, proses pembibitan dan pembiakan berjalan sangat baik. Kami sudah memiliki lebih dari seribu anakan. Tahap perkembangannya terus berjalan,” terang Bripka Yonas, Sabtu (2/12/2023).

Usaha ini tak hanya sekadar usaha UMKM, melainkan wujud kepedulian dan inovasi yang memantik inspirasi masyarakat sekitar. Yonas bermimpi agar inisiatifnya itu menjadi sumbangsih teladan bagi rekan-rekan sejawat di kepolisian.

Ia mengajak mereka untuk bersatu, memberikan dampak positif di tengah masyarakat, terutama dalam mendukung UMKM dan pertumbuhan ekonomi sesuai dengan visi pemerintah, dan juga merupakan Program Polri.

“Semoga kegiatan kami mampu memberikan dampak positif bagi masyarakat dan mendorong roda ekonomi mereka,” ucap Bripka Yonas dengan penuh semangat.

Perjalanan ini bukan sekadar tentang Yonas. Theo, pemilik lahan yang turut serta, menaruh harap besar pada dukungan lebih lanjut, terutama dari pemerintah.

“Saya berharap ada dukungan lebih lanjut dari pemerintah, agar kita dapat lebih baik menata kolam-kolam ini sehingga lebih kokoh dan terhindar dari bencana banjir,” pungkas Theo.

Untuk diketahui, usaha yang dikembangkan Bripka Jonas bersama rekannya, selain untuk menjual, sekaligus akan dijadikan sebagai Eko wisata. ****