Menu
Membangun Dengan Nurani

Buka Kegiatan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI, Bupati Lembata : Ada Perang Harus Membawa Damai

  • Bagikan

INFOKINI.NET, LEMBATA – Bupati Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT), Thomas Ola mengatakan, ada perang harus membawa damai.

“Umur sekarang bukan hafal tapi amalkan Pancasila. Ada perang harus membawa damai. Ada kekacauan harus menenangkan, ada gejolak menenangkan. Kita tidak pada tahapan belajar tapi pada tahapan implementasi. Mengamalkan Pancasila,” tegas Thomas Ola saat membuka kegiatan sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan MPR RI di Hotel Olimpic, Lewoleba, Jumat (25/3/2022).

Dikatakannya, doa-doa di hari-hari ini adalah doa untuk Ukraina dan Rusia, dan bangsa-bangsa di Timur Tengah. Karena, hari hari ini mereka dipenuhi peperangan. Tidak ada kedamaian. Padahal, negaranya berada pada satu benua, satu daratan saja.

Mestinya, kata Thomas Ola, Indonesia yang mengalami gejolak seperti itu karena ada 17 ribu lebih pulau dan luas sekali. Akan tetapi, mereka yang satu benua, tapi perang berjalan terus.

“Hari ini jumlah suku bangsa di Indonesia 1.341, jumlah terbesar di dunia, dan tak ada negara lain yang damai, ada seribu satu bahasa daerah, dan baru 652 bahasa yang diverifikasi. Kalau bicara dengan masing-masing bahasa daerah maka kacau negara ini. Tapi ada bahasa pemersatu,” jelas bupati Thomas.

“Kenapa di negara lain yang hanya satu daratan, satu pulau, lebih kecil, bahasa satu dua, suku bangsa sedikit, terjadi peperangan terus menerus. Tapi Indonesia tidak. Karena ada idiologi dan empat pilar kebangsaan, Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika,” katanya.

Untuk itu, lanjutnya, semua masyarakat Indonesia perlu bersyukur kepada para funding father yang pada saat itu tidak berpikir untuk diri sendiri, tetapi lebih berpikir dan bekerja untjk kepentingan anak dan cucu.

Karena itu, Thomas Ola meminta agar di akhir kegiatan nanti seluruh peserta diajak menyanyikan beraamamlagu Bagimu Negeri yang di dalamnya terdapat syair padamu negeri kami berjanji, padamu negeri kami berbakti, padamu negeri kami mengabdi yang merupakan implementasi dari empat pilar kebangsaan.

Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Lembata Hendrik Misa Langobelen pada keaempatan itu menyqmpaikan terima kasih kepada Bupati Lembata Thomas Ola Langodai yang dalam kesibukannya masih menyempatkan diri menghadiri dan membuka kegiatan sosialisasi 4 Pilar MPR RI.

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada Julie Sutrisno Laiskodat yang menggelar sosialisasi di Lembta juga kepada Muhamad Husein, Staf Ahli Badan Sosialisasi MPR RI ya g dipercayakan menjadi narasumber sosialisasi 4 Pilar MPR RI.

Ia berharap, peserta yang hadir nantinya dapat menjadi corong dalam melanjutkan semua.materi yang diperoleh saat sosialisasi kepada masyarakat lainnya. (*/WK)

  • Bagikan