Pemkot Kupang Berbagi Takjil di Sejumlah Masjid Kota Kupang

0
70

INFOKINI.NET, KOTA KUPANG – Sebagai wujud toleransi dan dukungan kepada umat muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa, Pemerintah Kota Kupang membagi-bagikan takjil dan makanan cepat saji untuk buka puasa kepada umat muslim di sejumlah Masjid di Kota Kupang, Jumat (23/4).

Pembagian makanan untuk buka puasa ini dilakukan langsung oleh Wakil Wali Kota Kupang, dr. Hermanus Man dan Asisten Administrasi Umum Sekda Kota Kupang, Yanuar Dally, SH,M.Si yang dibagi dalam dua rombongan.

Rombongan Wawali yang didampingi Kepala Dinas Sosial Kota Kupang, Lodywik Djungu Lape, S.Sos, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Kupang, Djidja Kadiwanu, SE, Plt. Kepala Bagian Kesra Setda Kota Kupang, Ivan Mila Meha, SSTP, M.Si, Kasubbag Komunikasi Pimpinan pada Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kota Kupang, Elia C. Tiara, SSTP, berkesempatan mengunjungi empat masjid.

Kunjungan berawal dari Masjid Al-Islamiyah di Kelurahan Lasiana, berlanjut ke Masjid Al Istiqomah di Kelurahan Tuak Daun Merah (TDM), lalu ke Masjid Al-Mutaqin di Kelurahan Kelapa Lima dan berakhir di Masjid Baitul Qodim Kelurahan Airmata.

Turut hadir Camat Oebobo, Matheos A.H.T Maahury, SE dan para lurah di wilayahnya masing-masing.

Sementara rombongan Asisten Administrasi Umum Sekda Kota Kupang yang didampingi oleh Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kota Kupang, Ernest S. Ludji, SSTP, M.Si berkesempatan menyerahkan makanan berbuka puasa di dua tempat, yakni Panti Asuhan Al-Hikmah di Kelurahan Nun Baun Sabu (NBS) dan Masjid Said Amanatullah di Kelurahan Alak.

Wawali saat menyerahkan takjil kepada para pengurus masjid menjelaskan, tidak seperti tahun-tahun sebelumnya Pemerintah Kota, karena pembatasan sosial akibat pandemi covid 19 tidak dapat menggelar acara buka puasa bersama. Demi mentaati protokol kesehatan acara buka puasa bersama tersebut diganti dengan agenda berbagi takjil ke sejumlah masjid di Kota Kupang.

Kepada para Imam dan pengurus masjid, Wawali mengakui apa yang diberikan tidak seberapa nilainya. Pemberian ini menurutnya hendaknya dilihat sebagai bentuk penghargaan dan dukungan bagi umat muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa dan niat tulus Pemkot Kupang untuk menjaga kerukunan antar umat beragama.

“Selamat berbuka puasa. Semoga di tengah bencana dan pandemi covid 19 ibadah puasa umat muslim bisa berjalan lancar dan iman kita tetap kokoh. Mohon doa agar kota ini cepat pulih dari situasi bencana,” pintanya.

Imam Masjid Al-Islamiyah Kelurahan Lasiana, Haji Ahmad Agung Lamabelawa saat menerima bingkisan takjil tersebut menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kota Kupang yang telah memberi perhatian kepada umat muslim di Kota Kupang. Sebagai warga Kota Kupang mereka menyatakan kesiapan untuk selalu mendukung program-program Pemkot Kupang. Mereka juga berdoa agar pandemi covid 19 yang masih mengancam bisa segera berlalu. Hal senada juga disampaikan para Imam Masjid yang ditemui dalam kunjungan tersebut.

Wakil Badan Kemakmuran Masjid Baitul Qodim Kelurahan Airmata, Musli Balik saat menerima kunjungan Wawali dan rombongan menjelaskan, pasca badai seroja beberapa pekan lalu masjid mereka sempat menjadi tempat pengungsian bagi 112 jiwa dari 45 kepala keluarga yang terdampak bencana. Namun beberapa hari sebelum memasuki bulan puasa, mereka memutuskan untuk kembali ke rumah masing-masing karena masjid akan digunakan oleh jamaah untuk beribadah.

Plt. Kepala Bagian Kesra Setda Kota Kupang, Ivan Mila Meha, SSTP, M.Si pada kesempatan yang berbeda menjelaskan ada 9 masjid yang menjadi sasaran dari kegiatan berbagi takjil tahun ini. Selain enam masjid yang sudah dikunjungi oleh Wawali dan Asisten Administrasi Umum Sekda Kota Kupang ada tiga masjid lain juga yang menerima bingkisan takjil dan makanan siap saji untuk berbuka puasa tahun ini, yakni Masjid Mujahidin di Kelurahan Naikolan, Masjid K.H. Ahmad Dahlan di Kelurahan Kayu Putih dan Masjid Darul Hijrah BTN di Kelurahan Kolhua. Total bingkisan makanan siap saji yang disiapkan sekitar 1300 paket. Penyerahan di tiap masjid berlangsung singkat di saat-saat menjelang waktu buka puasa. (*/Pkp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here