Peningkatan Kualitas SDM Melalui Pendidikan

0
46

Oleh: Wise Rogate Silalahi

INFOKINI.NET, KOTA KUPANG – Kita baru saja merayakan Hari Guru Nasional, yaitu Rabu 25 November 2020. Ini adalah hari yang membahagiakan buat para guru, pendidik tak mengenal lelah, yang merupakan pahlawan tanpa tanda jasa.

Disamping orang tua, guru memegang peranan penting dalam pembentukan pengetahuan, keterampilan, sikap, serta karakter peserta didik, yang akan menjadi generasi penerus pemimpin bangsa di masa mendatang.

Terhadap kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sedemikian pesat saat ini, di dalamnya ada peran guru yang membentuk pribadi siswa menjadi sosok yang berkemampuan dan berkemandirian dalam mengaplikasikan pengetahuannya dibidang pekerjaan.

Sesuai dengan prinsip pendidikan yang berkelanjutan, yaitu life long education (pendidikan sepanjang hayat), maka setiap-setiap orang pada dasarnya harus mengasah diri dengan terus belajar, mengupdate pengetahuan, karena perkembangan pengetahuan yang bersifat dinamis.

Dalam bidang pendidikan, tenaga pendidik seperti guru atau dosen juga harus terus belajar. Saat ini dengan perkembangan teknologi informasi, berbagai sumber belajar dapat diakses dengan cepat, termasuk sumber belajar yang bersifat terbuka.

Salah satu tempat bagi para guru untuk meningkatkan pendidikannya adalah dengan belajar di Universitas Terbuka (UT), yang menerapkan sistem pendidikan terbuka dan jarak jauh.

Sistem pendidikan terbuka dan jarak jauh yang diterapkan di UT, menggunakan berbagai layanan online, di antaranya registrasi online, toko buku online, bahan ajar digital, tutorial online, tutorial webinar, ujian online dengan sistem online proctoring, dan lain-lain.

Melalui pendidikan, akan tercipta peningkatan kualitas SDM, yang akan meningkatkan kemajuan bangsa.

SDM adalah salah satu dari 6 unsur dalam manajemen atau 6 M yaitu Man, Money, Machines, Methods, Materials, Market. Semua unsur tersebut penting dan dibutuhkan. Tetapi Man atau SDM memegang peranan paling penting.

Peningkatan kualitas SDM sangat penting untuk mengatasi kekurangan sumber daya. Negara-negara dengan sumber daya alam yang terbatas seperti Inggris, Jepang, dan negara tetangga Singapura, tetap dapat menjadi negara maju.

Negara-negara ini memiliki SDM yang kuat. Oleh karena itu maka inilah pentingnya pendidikan untuk peningkatan kualitas SDM. Selamat Hari Guru.

Dosen Fakultas Ekonomi UPBJJ Universitas Terbuka Kupang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here