Antisipasi Banjir Di Saat Musim Hujan, Lurah Lewoleba Tengah Ajak Masyarakat Jaga Kebersihan

INFOKINI.NET, LEMBATA – Mengantisipasi dampak banjir di saat musim hujan, Lurah Lewoleba Tengah Fransiska Tuto, S.Sos mengajak masyarakat agar selalu menjaga kebersihan lingkungan yakni melaksanakan kegiatan gotong royong.

“Semangat Lewoleba Tengah Berdandan karena pemimpinnya Perempuan yang setiap hari menghadap cermin, jadi dandan diri dan wilayah yang menjadi tanggung jawabnya sebab cerminan kota Lewoleba ada di Kelurahan Lewoleba Tengah,” terang Lurah Lewoleba Tengah saat bersama masyarakat melakukan pembersihan di seputaran jembatan Komak, kelurahan Lewoleba Tengah, Kecamatan Nubatukan, Kabupaten Lembata, Rabu (21/10/2020).

Lebih Lanjut, katanya, Kegiatan bakti massal pencegahan terhadap dampak musim hujan harus dilakukan, seperti membersihkan lingkungan untuk mencegah banjir.

“Apalagi daerah bagian Utara kelurahan Lewoleba Tengah ini selalu berdampak ketika musim hujan. Hulu kali Komak ini selalu menampung sampah ketika musim hujan,” tutur Lurah Lewoleba Tengah.

 

Pemerintah Kelurahan mulai berbenah dan melakukan beberapa pencegahan, lanjutnya, seperti normalisasi di bantaran kali, masyarakat harus ikut mendukung dengan cara membersihkan lingkungannya dan tidak membuang sampah sembarangan tempat.

Untuk menjadikan Kelurahan Lewoleba Tengah yang bersih, kata Fransiska, maka yang pertama adalah mengubah pola pikir masyarakat setempat agar tidak membuang sampah secara sembarangan, membiasakan pola hidup sehat dan bersih.

“Kita merubah karakter masyarakat ini kan tidak mudah, maka sebagai pemimpin kita harus menjadi garda terdepan dan menjadi motivator, ketika Lurah ada dan hadir dengan sendirinya hadir dalam berbagi kegiatan seperti membersihkan lingkungan, Lurah harus lebih dulu di lokasi sebelum masyarakatnya hadir, jadi tadi saya datang mereka semua belum ada, ketika mereka lihat saya di lokasi dengan sendirinya mereka hadir,” ungkapnya.

“Saya juga berterima kasih atas keterlibatan pihak Koramil 1624-03 bersama jajarannya yang telah terlibat langsung bersama masyarakat dalam kegiatan bakti sosial hari ini dan besok. Selanjutnya pihak kelurahan akan mengeluarkan jadwal pekan bakti periode ke-2,” sambung Lurah Lewoleba Tengah Fransiska Tuto sekaligus menutup. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *