Menu
Membangun Dengan Nurani

Yoseph Adi Prasetyo Sebut Brigjen Pol (Purn) Drs. Anton Enga Tifaona Sosok Pemimpin yang Tegas

  • Bagikan

INFOKINI.NET, LEMBATA – Mantan Ketua Dewan Pers 2016-2019 dan wakil ketua Komnas HAM 2007-2012, Yoseph Adi Prasetyo menyebut, Almarhum Brigjen Pol (Purn) Drs. Anton Enga Tifaona Sosok pemimpin yang tegas.

“Saya melihat bahwa sosok Brigjen Pol (Purn) Drs. Anton Enga Tifaona sebagai seorang pemimpin. Kalau beliau bicara orang tertarik saat mendengar,” ungkap Yoseph Adi Prasetyo saat memaparkan materi dalam kegiatan Seminar Nasional Forum Pahlawan Nasional (ForPalnas Lembata), bertempat di Aula Anton Enga Tifaona kantor camat Nubatukan, Kamis (25/8/2022).

“Beliau pemimpin yang tegas dan mempesona saat bicara,” sambung Yoseph Adi Prasetyo.

Ia menjelaskan, sosok Brigjen Pol (Purn) Drs. Anton Enga Tifaona selalu menjadi teladan bagi semua orang.

“Beliau memenuhi syarat jadi pahlawan nasional. Saya menilai jiwa semangat selalu tertanam dalam diri bapak Brigjen Pol (Purn) Drs. Anton Enga Tifaona. Beliau memiliki semangat tinggi,” jelasnya.

Lanjutnya, Brigjen Pol (Purn) Drs. Anton Enga Tifaona selalu mengembangkan nilai sosial masyarakat di mana ia bertugas.

“Beliau juga membantu pembangunan Gereja di mana ia bertugas,” ucapnya.

Sementara itu, Bupati Marsianus Lembata, Drs. Marsianus Jawa, M.Si dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten Administrasi Umum Sekda Lembata, Yohanes Berchmans D. Dai, S.IP mengatakan, bapak Anton Enga Tifaona adalah tokoh nasionalasal Lembata yang semasa hidupnya banyak melakukan tindakan-tindakan kepahlawanan.

“Melalui karya-karya yang luar biasa bagi pembangunan dan kemajuan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Ia juga memiliki konsistensi jiwa dan semangat kebangsaan yang tinggi dalam melakukan perjuangan yang mempunyai jangkauan luas dan berdampak nasional,” katanya.

Oleh karena itu, lanjutnya, sangat pantas kalau Bapak Brigjen Pol (Purn) Drs. Anton Enga Tifaona dianugerahi Pahlawan Nasional.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada keluarga, Forum Pahlawan Nasional (FORPALNAS) dan semua pihak yang sudah berjuang sejauh ini. Pemerintah Daerah juga pasti akan terlibat dalam mengawal perjuangan ini,” tegasnya.

Untuk diketahui, Seminar Nasional Forum Pahlawan Nasional (ForPalnas) Lembata mengusung tema : Brigjen Pol. (Purn) Drs. Anton Tifaona Matahari dari Timur untuk Indonesia, pro Deo et Patria (Untuk Tuhan dan Tanah Air).

Narasumber: Dolorosa Sinaga(Seniman Pematung), Yoseph Adi Prasetyo (Ketua Dewan Pers 2016-2019 dan wakil ketua Komnas HAM 2007-2012), RM. Eduardus Jebarus (Sekretaris Pastoral Keuskupan Larantuka), Brigjen Pol (purn)Dr. Drs. Parasian Simanungkalit, SH.,MH (Ketua Umum Gapenta), Bona Beding (Direktur Institut Kebudayaan Lembata -Ikal).
Moderator: Bediona Philipus (Pegiat Sosial-Budaya). (*/Willy)

  • Bagikan