Scroll untuk baca artikel
KEPOLISIAN

Polsek Tasifeto Barat Kabupaten Belu Terpilih sebagai Nominasi Kompolnas Awards 2024

183
×

Polsek Tasifeto Barat Kabupaten Belu Terpilih sebagai Nominasi Kompolnas Awards 2024

Sebarkan artikel ini

INFOKINI.NET, BELU – Polsek Tasifeto Barat yang berada di bawah naungan Resor Belu Polda NTT, meraih pengakuan yang membanggakan sebagai salah satu nominasi Kompolnas Awards 2024.

Prestasi ini tidak datang begitu saja, melainkan merupakan hasil dari serangkaian inovasi dan terobosan yang memberikan manfaat langsung kepada masyarakat sekitar.

Salah satu inovasi utama yang mencuri perhatian adalah pendirian Pasar UMKM Halilulik. Sebelumnya, pasar mingguan di daerah ini sering kali menyebabkan kemacetan dan ketidaknyamanan bagi masyarakat akibat kurangnya ruang yang memadai.

Melalui kebijakan ini, Polsek Tasifeto Barat berhasil mengurai kemacetan dengan merelokasi pedagang ke area yang lebih terorganisir di sekitar kantor polisi. Langkah ini tidak hanya meningkatkan lancarnya arus lalu lintas, tetapi juga menghidupkan kembali ekonomi lokal dengan memberdayakan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).
Selain itu, Polsek Tasifeto Barat juga turut aktif dalam memajukan ketahanan pangan dengan melibatkan kelompok tani veteran dalam budi daya tomat. Kolaborasi ini tidak hanya memastikan ketersediaan pangan lokal yang cukup, tetapi juga memberikan pelatihan dan pendampingan kepada petani lokal untuk meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan mereka.

Program lain yang tidak kalah signifikan adalah upaya penyediaan air bersih dan listrik kepada masyarakat. Inisiatif ini berperan penting dalam meningkatkan kualitas hidup penduduk setempat, sambil juga mengurangi ketegangan sosial yang mungkin timbul akibat kebutuhan dasar yang belum terpenuhi.

Kapolsek Tasifeto Barat IPDA Sam Ihim, menjelaskan inonasi-inovasi Polsek dijalankan berawal dari Rekomendasi Program Kapolri Jum’at Curhat yang dilaksanakan di Polsek dengan mendengar aspirasi dan harapan warga setempat secara langsung.

“Program Inovasi kami terinspirasi oleh Program Jumat Curhat yang digagas Kapolri kemudian kami petakan masalah yang dihadapi masyarakat kemudian kami berusaha mencarikan solusinya dengan melaporkan kepada bapak Kapolres Belu, AKBP Richo D. Simanjuntak dan mengkoordinasikan kepada jajaran Pemerintah Daerah dan Pihak terkait lainnya,”ungkapnya.

“Muncullah pasar UMKM, perbaikan jalan, listrik dan budi daya Tomat bekerja sama dengan Veteran cabang Belu. Kami berhasil mengurai kemacetan lalu lintas yang selama 20 (dua puluh tahun) tidak terurai, dengan cara merelokasi pedagang pasar dan pelaku UMKM Halilulik ke lahan Mapolsek. Terurainya kemacetan ini sangat bermanfaat bagi kendaraan bermotor terlebih Ambulance yang menuju ke Puskesmas”, sambungnya.

Keberhasilan Polsek Tasifeto Barat dalam mengimplementasikan berbagai inovasi ini tidak hanya diakui secara lokal, tetapi juga mendapatkan apresiasi dari Komisioner Kompolnas. Mereka menyoroti dampak positif dari inovasi-inovasi tersebut dalam mendukung perekonomian masyarakat serta menekan angka kriminalitas di wilayah tersebut.

Dengan pencapaian sebagai nominasi Kompolnas Awards 2024, Polsek Tasifeto Barat memberikan inspirasi bagi seluruh unit kepolisian di Indonesia untuk terus berinovasi dan memberikan kontribusi yang nyata bagi kesejahteraan masyarakat di sekitarnya.

Prestasi ini juga menjadi bukti komitmen Polsek Tasifeto Barat dalam menjaga keamanan serta meningkatkan kualitas hidup warga di perbatasan Negara. (*/Willy)