Menu
Membangun Dengan Nurani

PLT Bupati Lembata : Keberadaan BLK menjadi Penting Untuk Generasi

  • Bagikan

INFOKINI.NET, LEMBATA – PLT Bupati Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT), Dr. Thomas Ola Langoday mengatakan, keberadaan Balai Latihan Kerja (BLK) menjadi sangat penting untuk generasi.

“Bukan untuk suster-suster dan tua-tua, tetapi untuk Generasi jangka panjang. Kita ini bekerja untuk generasi anak cucu kita,” tegas Dr. Thomas Ola Langoday saat membuka kegiatan Pelatihan berbasis Kompetensi Komputer dan komunikasi Balai Latihan Kerja (BLK) Susteran Ssps Pada, Selasa (07/9/2021).

Kepada 16 peserta yang mengikuti pelatihan, Dr. Thomas Ola berpesan,
setelah tamat latihan kompuiter, kalian harus jadi Entrepreneur baru.

“Menjadi wirausahawan baru di bidang teknologi, informasi dan komputer,” ungkap Dr. Thomas Ola.

Dikatakannya, apabila sudah memiliki keterampilan, jangan lagi bekerja pada orang.

“Harus jadi Pioner dan pahlawan bagi dirimu sendiri. Harus jadi contoh untuk angkatan berikutnya. Harus punya rasa percaya diri bahwa kalian adalah orang-orang diutus. Di manapun kamu berada, kamu bukan orang asing dan pendatang. Orang sukses, modal awalnya adalah kejujuran dan disiplin,” tandas PLT bupati Lembata.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Balai Latihan Kerja Caritas Peduli, Suster Margaretha Ada, Ssps mengatakan, balai Latihan Kerja Komunitas Caritas Peduli adalah tempat di mana para Suster Misi Abdi Roh Kudus (Ssps) region Lembata memberikan latihan kerja bagi masyarakat kecil agar memiliki keterampilan untuk membuka dunia usaha.

“Sejak tahun 70- an, sebenarnya sudah ada pelatihan keterampilan di Pulau Lembata yang dilakukan oleh suster – suster Ssps yaitu keterampilan menjahit untuk ibu – ibu di Lamalera,” jelas Sr. Margaretha Ada, Ssps.

Lanjut dikatakannya, menyesuaikan dengan regulasi yang berkembang, maka Ssps melalui Yayasan “Gunthild” mencoba membuka Balai Latihan Kerja di Lembata.

“Awalnya belum ada gedung atau rumah pelatihan. Berkat kerjasama dengan Pemda dan Pemerintah Pusat akhirnya dapat dibangun rumah pelatihan dengan bidang pelatihan tata boga, menjahit sampai bidang komputer dan komunikasi untuk anak –anak muda yang diresmikan Plt. Bupati Lembata Thomas Ola hari ini,” pungkas Sr. Margaretha Ada, Ssps. (*/WK)

  • Bagikan