Scroll untuk baca artikel
Daerah

Perpustakaan Daerah Goris Keraf Lembata Lakukan Survei Minat Baca Masyarakat Lembata

293
×

Perpustakaan Daerah Goris Keraf Lembata Lakukan Survei Minat Baca Masyarakat Lembata

Sebarkan artikel ini

INFOKINI.NET, LEMBATA – Perpustakaan Daerah Goris Keraf Lembata saat ini sedang melakukan survei untuk melihat tingkat minat baca masyarakat Lembata.

Kepala dinas perpustakaan daerah kabupaten Lembata, Anselmus Asan Ola Kamis 23 February 2024 mengatakan bahwa tahapan pertama yang dilakukan adalah survei secara digital.

“Tahapan pertama kita melakukan survei secara digital. Kita buat di google form dikirimkan ke semua orang. Kita harapkan masyarakat banyak memberikan pendapat,” kata Ansel Bahi sapaan akrabnya.

Lewat media ini lanjutnya, ia juga meminta kepada masyarakat untuk bisa mengakses sebanyak-banyaknya survei ini untuk meberikan pendapat terkait kepedulian kita secara pribadi terhadap literasi untuk diri sendiri itu seperti apa.

“Ada beberapa hal yang ditanyakan di dalam terkait dengan apakah yang bersangkutan membaca buku, lebih suka membaca bacaan dalam bentuk cetakan, ataukah dalam bentuk digital atau tidak suka membaca dan jenis-jenis buku apa saja yang diinginkan, kira-kira apa dampak membaca buku” terang Ansel Bahi, orang nomor satu di perpustakaan daerah Goris Keraf ini.

Dijelaskan Ansel Bahi, mantan kadis pendidikan kabupaten Lembata itu, Lembata sudah menjadi kabupaten literasi tetapi sampai dengan hari ini kita belum melakukan survei.

“Tingkat literasi yang ada dan yang kita tau adalah kemampuan literasi di kalangan anak-anak sekolah. Kita punya di tingkat kabupaten masih di zona kuning, belum sampai di zona hijau tetapi masyarakat secara umum, kita belum lihat ke arah sana sehingga lewat survei tahap pertama melalui digital ini kita lihat kecendrungan kita seperti apa. Ini juga melihat bahwa orang memanfaatkan smartphone itu apakah orang lebih banyak memakai untuk mencari dan membaca berita-berita, opini-opini atau untuk kepentingan diri dia ataukah sekedar di medsos untuk chating-chating. Jadi kita akan lihat kondisi ini untuk membangun literasi ke depan seperti apa terkait dengan literasi Lembata,” tutup Ansel Bahi, mantan camat Lebatukan kabupaten Lembata. (*/Willy)