Scroll untuk baca artikel
Daerah

Lepas Rindu, Puluhan Eks Napi di Lembata Adakan Reuni

876
×

Lepas Rindu, Puluhan Eks Napi di Lembata Adakan Reuni

Sebarkan artikel ini

INFOKINI.NET, LEMBATA – Sebanyak puluhan mantan Nara Pidana (Napi) di Lembata Nusa Tenggara Timur, Minggu 25 Februari 2024 mengadakan reunian.

Kegiatan reuni eks napi di Lembata ini bertempat di tempat pariwisata Lewolein desa Dikesare, kecamatan Lebatukan.

Bediona Philipus salah satu mantan napi lapas kelas III Lembata mengatakan kegiatan eks napi hari adalah melepas rindu.

“Karena setelah bebas dari penjara kami belum bertemu. Jadi hari ini merupakan hari yang istimewa bagi kami untuk melepas rindu” ungkap Ipi Bediona sapaan akrab Bediona Philipus.

Dikatakannya, yang mempertemukan eks Nara pidana hari ini adalah penjara.

“Jadi yang mempertemukan kami itu adalah penjara. Waktu kami dipenjara sempat berdiskusi bagaimna caranya membangun kembali ekonomi kami sesudah keluar dari penjara,” katanya.

Dijelaskannya, Profesi eks napi di Lembata itu berbeda dan bervariasi ada yang sopir, tukang dll.

“Jadi hasil diskusi kami di dalam penjara, hari ini terealisasi. Hari ini juga kami akan membicarakan apakah organisasi ini hanya sebatas kumpul-kumpul. Tetapi kami juga akan membicarakan terkait ekonomi, usaha yang akan kami bangun bersama,” ucap Ipi Bediona, mantan anggota DPRD kabupaten Lembata dua periode ini.

Karena banyak anak muda yang tergabung di komunitas eks napi, lanjut Ipi, eks napi di Lembata akan mendirikan pom bensin mini.

“Kami akan mulai terlebih dahulu dengan menjual bensin di botolan, kami mulai dengan modal kecil yang ada,” terang Ipi Bediona.

Eks Napi di Lembata ini juga berencana akan mengunjungi teman-teman napi di Lapas Lembata pada saat peringatan hari raya paskah dan idul fitri.

“Tentu ini butuh kesepakatan dari kami semua eks napi di Lembata,” tutur Ipi Bediona.

Sementara, Hendrikus Hugu salah satu eks Napi di Lembata mengapresiasi kegiatan reuni yang dilakukan eks napi di Lembata hari ini.

“Kegiatan hari ini luar biasa dapat mempertemukan kita selama bertahun-tahun tidak bertemu usai bebas dari penjara. Saya berharap pertemuan ini terus dilakukan demi mempererat tali persaudaraan kita,” pungkas Efen Making sapaan akrab Hendrikus Hugu. (*/Willy)