Kadis PUPR Kabupaten Lembata Buka Suara Terkait Jalan Bergelombang di Depan Rumah Sakit Damian

  • Bagikan

INFOKINI.NET, LEMBATA – Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Lembata, Aloysius Muli Kedang menanggapi keluhan masyarakat kota Lewoleba terkait ruas jalan yang tidak rata dan bergelombang di depan rumah sakit Damian Lewoleba.

Muli Kedang menjelaskan, ruas jalan di depan Rumah Sakit Damian Lewoleba, pekerjaannya hanya sebatas overlay dan memperbaiki lapisan permukaan jalan.

“Ruas jalan itu pekerjaannya sebatas overlay jadi kita hanya memperbaiki lapisan permukaan”, ungkapnya, Kamis (23/9/2021).

Dijelaskannya, kalau kondisi eksisting jalan itu bergelombang jadi dia masih mengikuti seperti itu. Karena kita hanya memperbaiki lapisan permukaan.

Ia mencontohkan ruas jalan di depan Toko Naga Mas, menurutnya ruas jalan tersebut berbeda dengan ruas jalan di depan Rumah Sakit Damian Lewoleba karena di dahului dengan pekerjaan agregat tanah, setelah agregat diikuti dengan lapisan permukaan hotmix.

Dikatakannya, luas jalan di depan Rumah Sakit Damian itu dihotmix diatas permukaan eksisting.

“Jadi kalau permukaan eksisting agak bergelombang maka sifatnya seperti itu,” jelasnya.

Menurutnya, Pekerjaan beberapa ruas jalan dalam kota Lewoleba hingga saat ini mencapai 90 persen.

“Pada tahun 2021 pemerintah daerah kabupaten Lembata mulai dengan penataan kota, sehingga paling pertama yang diharapkan adalah dari sisi mutu yang bagus sehingga dapat dinikmati masyarakat sesuai dengan perencanaannya,” katanya.

Untuk diketahui, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Lembata, setidaknya dalam tahun 2021 mengalokasikan dana sebesar Rp. 8. 154.405. 000 untuk penanganan pekerjaan peningkatan ruas jalan dalam Kota Lewoleba.

Dari alokasi dana sebesar Rp. 8. 154.405. 000,0, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Lembata berhasil melakukan kontrak dengan sejumlah kontraktor pelaksanaan pekerjaan Sembilan ruas jalan dalam Kota Lewoleba, Kecamatan Nubatukan, Kabupaten Lembata, senilai Rp, Rp. 7.824.. 405. 000, dengan tujuan untuk mempercepat mobilitas barang dan jasa sekaligus mempercantik dan memperindah wajah kota Lewoleba sebagai Ibukota Kabupaten Lembata dan juga mengurangi debu di tengah permukiman masyarakat kota.

Secara keseluruhan Sembilan ruas jalan itu membentang sepanjang 4, 583 M lebih dengan produk akhir hotmix dan satu ruas jalan produk akhir lapen dengan lebar 4 sampai 8 meter. (*/WK)

  • Bagikan