Menu
Membangun Dengan Nurani

Kadin Indonesia dan B20 Road Show ke Amerika, Hadiri Pertemuan Bisnis Forum yang Diselenggarakan oleh KJRI

  • Bagikan

INFOKINI.NET, KUPANG – Pada tanggal 21 April 2022. Kadin Indonesia dan B20 Road Show ke Amerika untuk menghadiri pertemuan bisnis forum yang diselenggarakan oleh Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) bersama Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) dan American Indonesia Chamber of Commerce (AICC) yang berlokasi di kantor Konsultan Jendela Republik Indonesia (KJRI).

Acara di helat pada jam 8 pagi dihadiri oleh rombongan kadin Indonesia dan juga AICC atau para pengusaha-pengusaha di Amerika yang tergabung dalam American Indonesia Chamber of Commerce (AICC).

Ini adalah sesuatu yang di bentuk khusus untuk hubungan Amerika Indonesia yang diketuai, Sung Kim beliau juga adalah mantan duta besar Amerika untuk indonesia dan juga Ambasador di Afrika Selatan.

Acara ini dibuka oleh konsulat jenderal yaitu bapak DR. Arifin Saiman, MA. Beliau menyampaikan welcome kepada semua yang hadir.

Kemudian pada kesempatan tersebut juga diberikan sambutan oleh bapak Wimbo ketua OJK.

Ketua OJK, bapak Wimbo menyampaikan tentang kondisi perekonomian di Indonesia dan persiapan di Indonesia untuk menghadapi G20 serta regulasi-regulasi kebijakan yang disiapkan OJK untuk mensupport investasi-investasi yang akan masuk. Beliau juga menyampaikan tentang regulasi dan kebijakan-kebijakan pemerintah khususnya ada Omnibus Law.

Dikatakannya, Omnibus yang akan mensuport investasi-investasi yang mau ke Indonesia.

Pada kesempatan tersebut sambutan dari Sung Kim, beliau menyampaikan bahwa Indonesia dan Amerika memiliki hubungan yang sudah sangat panjang dan hubungan baik selama ini.

Dikatakannya, Amerika punya potensi besar untuk terus berinvestasi di Indonesia. Dengan adanya G20 yang dihelat di Bali, akan sangat mendukung Suasana investasi bagi Amerika untuk datang. Beliau akan mengajak para penguasa Amerika untuk datang ke G20 khususnya kepada B20 yang akan dihelat juga di Labuan Bajo.

Ketua KADIN Indonesia, Arsjad Rasjid mengundang dan mengajak untuk bergabung di G20 di Bali dan juga khususnya di Labuan Bajo.

Car women dari B20, ibu Shinta Camdani mempresentasikan tentang setiap fokus-fokus yang akan disiapkan di dalam B20.

Dia juga mengajak bahwa, kegiatan B20 ini sangat penting khususnya berhubungan dengan ekonomi pada saat kondisi perang Ukraina dan Rusia yang berdampak secara ekonomi.

Ibu Shinta mengajak bahwa mari setiap pra ekonomi dunia untuk datang membahas di mana mempersiapkan perekonomian yang mapan bagi setiap negara untuk menghadapi kemungkinan dan kondisi yang ada.

Ketua umum kadin NTT, Bobby Lianto berkesempatan mengalungkan kain tenun dari NTT dan menyampaikan langsung kepada Chamber Hium dan mengundang dengan hormat untuk bisa datang ke Labuan Bajo, NTT.

Menanggapi undangan ketum kadin NTT, Bobby Lianto, secara surprise, Chamber Hium mengatakan bahwa, dirinya pernah datang ke Labuan Bajo dan sangat menyukai Labuan Bajo. Bahkan beliau sudah pernah melihat komodo. Jadi tidak asing lagi bagi dia.

Acara tersebut ditutup dan kontingen Indonesia melanjutkan perjalanan menuju ke Washington DC untuk pertemuan berikutnya. Perlu diketahui bahwa di Washington DC adalah kedutaan besar Indonesia untuk Amerika, bapak Rosan Roeslani Perkasa yang berkantor di Washington. Dan sudah disiapkan beberapa pertemuan-pertemuan yang lebih banyak lagi.

Untuk diketahui, pada kesempatan tersebut, Ketua Umum KADIN NTT, Bobby Lianto berkesempatan untuk menyerahkan beberapa prodak-prodak yang di bawa dari UMKM NTT yaitu beberapa di antaranya teh kelor lamoringa, coklat gaura dan juga minyak sare dan kecap cap malada, kopi Mane serta beberapa prodak-prodak lainnya dari NTT.

Dan selanjutkan akan dibahas dengan Konsul bagian perdagangan. Satu hal lagi yang paling membanggakan adalah KJRI di new York itu setiap tahunya mereka melakukan Indonesia festival night. Jadi mereka menutup jalan khususnya depan kantor KJRI new York dan melakukan satu festival Indonesia dan menampilkan tari-tarian dan semua khas daerah. Sudah dua tahun lebih tidak dilaksanakan, biasanya bulan Agustus, jadi sekitar September atau Oktober dilaksanakan. Maka dari itu, ketua umum kadin NTT, Bobby Lianto menyampaikan dan mengusulkan bahwa tahun depan di bulan September atau Oktober kegiatan Indonesia festival day yang dilaksanakan di depan kantor KJRI dilaksanakan dengan tema eksotik NTT. Di mana kami akan mengundang penari-penari dan pelaku UMKM dari NTT akan hadir melakukan pameran dan juga tari-tarian budaya dari NTT.

Ini adalah satu kesempatan untuk mempromosikan NTT dan segenap pariwisata dan potensi-potensi yang ada di new York Amerika. (*/WK)

  • Bagikan