Menu
Membangun Dengan Nurani

Gelar Apel Hari Kebangkitan Nasional, SMPN 5 Lebatukan Bertekad Bangkitkan Semangat Persatuan Kedaerahan Menuju Persatuan Nasional

  • Bagikan

INFOKINI.NET, LEMBATA – Dalam rangka memperingati hari kebangkitan Nasional 2022, Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 5 Lebatukan, kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT) menggelar apel bersama, Jumat (20/5/2022.

Kegiatan ini dilakukan mengusung tema sesuai Hari Kebangkitan Nasional “AYO BANGKIT BERSAMA”.

Apel yang diselenggarakan ini melibatkan Kepala Sekolah, Guru dan tenaga kependidikan bersama siswa-siswi.

Kepala sekolah Laurensius A.K. Nunang, S.Pd dalam amanatnya menyampaikan bahwa semangat kebangkitan nasional yang dicanangkan oleh Dr. Sutomo dkk 20 Mei 1908, hendaknya menjadi semangat yang terus membumi hingga saat ini.

Dikatakannya, ada hal-hal yang perlu dihidupi oleh generasi saat ini yakni, hendaknya menjadi spirit bagi persatuan kedaerahan yang mulai luntur karena dendam dan ego wilayah masing-masing siswa.

“Siswa-siswi meski memiliki spirit untuk merasa “memiliki” memiliki sekolah ini, memiliki Kabupaten Lembata, Memiliki provinsi NTT dan Memiliki NKRI. Segala kekacauan di negara ini baik KKN dan paham radikalisme yang merajalelah sesungguhnya karena semua orang (para pemimpin) belum merasa “Memiliki”,terang kepsek Laurensius.

“Juga tindakan Vandalisme yang dilakukan di sekitar area umum merupakan gambaran dini generasi ini belum sepenuhnya merasa memiliki,” ungkapnya menambahkan.

Untuk itu momen hari ini, kata Laurensius, menjadi titik balik untuk secara perlahan ke semangat persatuan yang membuat semua kita merasa memiliki, dan terus menerus bersatu.

“Karena hanya dengan Bangkit Bersama kita sama-sama bangkit dan bergerak maju,” pungkas Laurensius Nunang yang adalah orang nomor satu di SMPN 5 Lebatukan ini.

Untuk diketahui, setelah kegiatan Apel, dilanjutkan dengan pertandingan eksebisi volly dan juga dilanjutkan dengan jamuan makan siang bersama, setelah itu satu persatu warga mulai meninggalkan halaman sekolah dan kembali ke rumah masing-masing.

Penulis : Kasimirus Tepi, SAG
Editor   : Willy Kristian Kali

 

  • Bagikan