Distribusi Ikan di Hari Lahir Pancasila, NasDem Lembata Tuntaskan Kegiatan Bulan Mutu Karantina 2021

  • Bagikan

INFOKINI.NET, LEMBATA – Jajaran pengurus DPD Partai NasDem Kabupaten Lembata kembali mendistribusikan bantuan ikan dalam Kegiatan Bulan Mutu Karantina 2021 tepat di Hari Lahir Pancasila, 1 Juni.

Pendistribusian ikan di dua titik yakni di lokasi pengungsian Parekwalang, Kecamatan Ile Ape dan Desa Jontona, Kecamatan Ile Ape Timur ini, maka NasDem Lembata telah menuntaskan kegiatan yang menyasar empat kecamatan yakni Nubatukan, Lebatukan, Ile Ape, dan Ile Ape Timur.

Bantuan ikan dalam Kegiatan Bulan Mutu Karantina 2021, Stasiun Karantina Ikan Pengendalan Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (SKIPM) Tahun Anggaran 2021 difasilitasi Kepala Stasiun KIPM Kupang Jimmy Y Elwaren yang disalurkan melalui anggota DPR RI Julie Sutrisno Laiskodat.

Saat mendistribusikan bantuan ikan di Parekwalang, Kecamatan Ile Ape, disambut tangisan sejumlah ibu yang hadir di tenda pengungsian. Saat Kepala Dusun Lugabalik, Desa Lamawara, Kecamatan Ile Ape Regina Muko berbicara mewakili para pengungsi dan menyampaikan terima kasih serta kondisi pengungsian di Parekwalang, ibu-ibu yang berdiri mendampinginya menangis sesenggukan.

Mereka terharu atas perhatian tak henti dari Ibu Julie Sutrisno Laiskodat melalui jajaran pengurus NasDem Lembata yang sudah tiga kali mengunjungi mereka mengantarkan bantuan.

Kepala Dusun Lugabalik, Desa Lamawara, Kecamatan Ile Ape Regina Muko mengatakan, mewakili ina ama yang hadir, ia menyampaikan terima kasih kepada Ibu Julie Sutrisno Laiskodat dan jajaran pengurus NasDem yang sudah mengulurkan tangan dan selalu ingat membantu para pengungsi korban banjir yang saat ini masih berada di lokasi pengungsian..

“Sampaikan terima kasih kami kepada Ibu Julie yang selalu menjadi perpanjangan tangan membantu kami. Sekarang kami berlindung sementara di sini karena alam Lewotolok tidak bersahabat dengan kami,” kata Regina.

Selama berada di lokasi pengungsian, kata dia, memang dirasakan tak begitu nyaman. Selain karena berada di lokasi pengungsian dengan keterbatasan, mereka juga hidup dalam kegelapan di malam hari karena tidak adanya penerangan yang memadai.

Selain kendala penerangan, kata Regina, para pengungsi juga sering kekurangan air karena terlambat didistribusikan.

Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Lembata Hendrik Mosa Langobelen mengatakan, kegiatan ini sebenarnya sudah berakhir pada 31 Mei. Hanya saja setelah berkoordinasi dengan tim Ibu Julie Sutrisno Laiskodat, ia minta waktu agar bantuan didistribusikan bertepatan dengan Hari Lahir Pancasila, 1 Juni. Sehingga, untuk dua titik di Ile Ape dan Ile Ape Timur, baru dilkasanakan pada Selasa, 1 Juni 2021.

Bantuan untuk para pengungsi korban banjir bandang di Parekwalang, kata Langobelen, setelah berkoordinasi dengan pengurus DPC Partai NasDem Kecamatan Ile Ape, diinformasikan bahwa untuk para pengungsi sebaiknya dalam bentuk ikan kering.

Karena itu, untuk warga pengungsi di Parekwalang, bantuannya disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan sehingga yang diminta ikan teri kering maka yang didistribusikan berupa ikan kering.

“Kami sesuaikan dengan kebutuhan di sini. Harusnya kami bawa ikan segar, tapi setelah koordinasi, di sini mintanya ikan kering. Semoga bisa bermanfaat untuk Ina Ama sekalian,” kata Langobelen.

Diharapkannya, bantuan yang diserahkan walau tidak seberapa, namun dapat berguna memenuhi kebutuhan dalam beberapa hari ke depan.

Kehadiran NasDem di Parekwalang merupakan kali ketiga, setelah sebelumnya turun mendistribusikan air bersih, dan bantuan sembako untuk warga pengungsi.

Sementara saat di Desa Jontona, Kecamatan Ile Ape Timur, Langobelen mengatakan, bantuan ikan segar yang diberikan atas perjuangan Ibu Julie Sutrisno Laiskodat.

“Biar sedikit-sedikit kami harapkan bisa bermanfaat bagi Ina Ama sekalian,” kata Langobelen. (Rilis DPD Partai NasDem Kabupaten Lembata)

  • Bagikan