Menu
Membangun Dengan Nurani

Babinsa Kodim 1624/Flotim dan Ibu-Ibu Persit Kartika Candra Kirana Laksanakan Pengolahan Daun Kelor jadi Makanan siap Saji

  • Bagikan

INFOKINI.NET, FLOTIM –
Babinsa perwakilan Koramil jajaran Kodim 1624/Flotim dan Ibu-Ibu Persit Kartika Candra Kirana Cab. XXII Dim 1624/Flotim melaksanakan pengolahan Daun kelor menjadi beranekaragam makanan siap saji.

Kegiatan berlangsung di gedung BRI lama Jalan Niaga Kel. Lokea Kec . Larantuka Kab. Flores Timur, Selasa (11/5/2022).

Dapur Kelor Kupang An. Dedi Krisnadi memberikan penjelasan singkat tentang tanaman kelor kepada para Babinsa dan  Pengurus Persit KCK Cabang XXII Dim 1624,

“Kelor atau merungga adalah sejenis tumbuhan dari suku Moringaceae. Tumbuhan ini dikenal dengan nama lain seperti: limaran, moringa, ben-oil, drumstick, horseradish tree, dan malunggay,” jelasnya.

Lanjut Dedi, beberapa manfaat daun kelor untuk kesehatan tubuh manusia anatara lain Mengatasi stress dan mengandung adaptogen.

“Adaptogen inilah yang bisa melindungi tubuh dari efek buruk yang dipicu akibat stress, Menurunkan gula darah, Mengkonsumsi daun kelor ternyata juga bisa menurunkan gula darah. Menurunkan kolesterol dengan daun kelor juga bermanfaat untuk menurunkan kolesterol dalam darah. Mencegah kanker ekstrak kelor mampu untuk mencegah pertumbuhan dan reproduksi sel-sel kanker. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kelor merupakan pencegah alami dari tumbuhnya kanker,” ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Persit Persit KCK Cabang XXII Dim 1624 Ny. Fika Tunggul Jati mengaku senang atas sosisalisai dan pelatihan.

“Ini bisa menambah ilmu bagi kami, sehingga kami bisa memanfaatkan daun kelor di sekitar halaman rumah kami di asrama Kodim 1624/Flotim,” katanya.

Sementara, salah satu Babinsa mengungkapakan ucapan terimaksaih kepada tim dapur kelor kupang yang berkesempatan hadir di sini untuk memberikan sosialisasi dan pelatihan.

“Bagi kami ini sangat bermanfaat,” pungkasnya.

Untuk diketahui, tanaman kelor merupakan salah satu tanaman yang memiliki manfaat tidak hanya bagi kesehatan namun juga memiliki nilai ekonomi. Seluruh bagian tanaman kelor mulai daun, kulit batang, buah dan bijinya bermanfaat bagi kesehatan.

Tanaman ini dapat diolah menjadi berbagai obat herbal hingga bahan baku produk perawatan kulit. Tanaman kelor dapat tumbuh baik di daerah tropis. (*/WK)

  • Bagikan