Menu
Membangun Dengan Nurani

Apel Gelar Pasukan Pengamanan VVIP di Labuan Bajo, ini Penekanan Pangdam IX/Udayana

  • Bagikan

INFOKINI.NET, KUPANG – Apel Gelar Pasukan Pengamanan VVIP dalam rangka Kunjungan Kerja (Kunker) Ibu Negara Hj. Iriana Joko Widodo dan Ibu Hj. Wury Ma’ruf Amin di wilayah Kabupaten Manggarai Barat (Mabar).

Apel gelar pasukan hari ini bertempat di Lapangan SMAK Santo Ignatius Loyola, Labuan Bajo Manggarai Barat, Selasa (27/09/2022).

Apel Gelar Pasukan Pengamanan VVIP ini dipimpin langsung Karo Ops Polda NTT Kombes Pol Widoni Fedri, S.I.K., S.H., didampingi oleh Kasiops Kasrem 161/Wira Sakti Kolonel Inf Horas Sitinjak, S.I.P., dan selaku Komandan Apel Dandim 1612/Manggarai Letkol Inf Muhamad Faishal Toar yang diikuti pasukan gabungan TNI, Polri dan Pemkab Mabar.

Adapun agenda yang dikunjungi Ibu Negara Hj. Iriana Joko Widodo dan Ibu Hj. Wury Ma’ruf Amin dijadwalkan 2 hari dari tanggal 28 September sampai dengan 29 September 2022 yaitu : Kantor Bupati Manggarai Barat, Hotel Meruorah Labuan Bajo, Waterfront Marina Labuan Bajo dan Pulau Rinca.

Pangdam IX/Udayana selaku Pangkoops Pam Wilayah Bali Nusra, Mayor Jenderal TNI Sonny Aprianto, S.E., M.M., dalam amanatnya yang dibacakan Karo Ops Polda NTT Kombes Pol Widoni Fedri, S.I.K., S.H., mengatakan, apel Gelar Pasukan Pengamanan VVIP Kunjungan Kerja Ibu Hj. Iriana Joko Widodo dan Ibu Hj. Wury Estu Ma’ruf Amin beserta rombongan di Provinsi NTT.

“Selama Ibu Negara dan Wakil Ibu Negara beserta rombongan melaksanakan Kunjungan Kerja dari tanggal 28 sampai dengan 29 September 2022 di Provinsi NTT maka kita harus memberikan jaminan keamanan secara maksimal”, tegasnya.

“Untuk itu, segala sesuatu yang berkaitan dengan tugas Pengamanan VVIP agar dilakukan dengan sebaik-baiknya mulai tahap perencanaan, persiapan sampai dengan pelaksanaan. Setiap Pengamanan VVIP merupakan kegiatan pengamanan baru yang harus dimulai dari awal dan tidak ada istilah rutinitas dalam pelaksanaannya. Apel gelar pasukan perlu dilaksanakan untuk mengecek sejauh mana tingkat kesiapan Satgaspamwil dan Subsatgaspamwil baik secara perorangan maupun satuan serta pemahaman tentang tugas serta langkah dan tindakan sesuai Prosedur Tetap Pengamanan VVIP yang berlaku. Selain itu, manfaatkan apel gelar pasukan ini sebagai sarana komunikasi dan koordinasi yang baik antar unsur pengamanan utamanya untuk menjamin kelancaran pelaksanaan tugas serta menghindari terjadinya kesalahan sekecil apapun dalam pelaksanaannya di lapangan”, ungkap Mayjen Sonny.

“Pada kesempatan ini, saya sampaikan beberapa penekanan kepada seluruh personel yang tergabung dalam Satgas Pengamanan VVIP, yaitu : Pertama, jalin kerjasama yang sinergi dengan Kepolisian, Pemerintah Daerah dan unsur terkait lainnya. Kedua, pahami dan kuasai Prosedur Tetap pengamanan VVIP. Ketiga, pegang teguh disiplin dan rantai komando. Keempat, laksanakan koordinasi yang baik dengan unsur pengamanan lainnya. Kelima, laporkan segera apabila ada hal-hal menonjol dalam pelaksanaan tugas. Keenam, utamakan faktor keamanan baik personel maupun materiil yang menjadi tanggung jawab masing-masing. Ketujuh, jaga nama baik satuan dan jalin hubungan yang harmonis dengan masyarakat. Kedelapan, jaga kesehatan dan tetap melaksanakan disiplin protokol kesehatan dalam setiap aktifitas. Semua penekanan yang saya sampaikan agar dipahami, dipedomani dan dilaksanakan dengan baik dan penuh rasa tanggung jawab oleh seluruh personel Satgas Pengamanan VVIP sehingga seluruh rangkaian kegiatan Kunjungan Kerja Ibu Hj. Iriana Joko Widodo dan Ibu Hj. Wury Estu Ma’ruf Amin beserta rombongan di Provinsi NTT dapat berjalan tertib, aman dan lancar”, tegasnya.

Turut hadir pada kegiatan apel gelar pasukan ini Kasi Intel Kasrem 161/WS Kolonel Kav Fadjar Wahyudi Broto, Kasi Ops Kasrem 161/WS Kolonel Inf Horas Sitinjak, S.I.P., Dansat Brimob Polda NTT Kombes Pol Ferry Raimond Ukoli, S.I.K., Dandim 1625/Ngada Letkol Ferdinand, S.Pd.K., Komandan Denpom IX/1 Kupang Letkol CPM Joao Cesar Dacosta Corte, Dandim 1602/Ende Letkol Inf Nelson Paido Makmur Marpaung, S.I.P., Danlanal Labuan Bajo Letkol Laut (P) Ronni, S.T., M.T.Harla., dan para Dansubsatgas PAM VVIP. (*/Penrem)

  • Bagikan