Menu
Membangun Dengan Nurani

Antisipasi Terjadi Kebakaran, Korem 161/WS Gelar SPBK dan Penggunaan APAR

  • Bagikan

INFOKINI.NET, KUPANG – Korem 161/WS menggelar Sosialisasi Pencegahan Bahaya Kebakaran (SPBK) dan latihan penggunaan alat pemadam api ringan (APAR) di lapangan Hitam Korem 161/Wira Sakti Jln. WJ Lalamentik, Oebufu, Kamis (14/04/2022.

Kegiatan dimulai pukul 08.30 Wita, dihadiri oleh Tim Pemadam Kebakaran Kota Kupang. Sementara itu dari Korem 161/Wira Sakti dihadiri oleh Kasiops Kasrem 161/WS Kolonel Inf Horas Sitinjak bersama jajaran dan seluruh anggota Makorem 161/Wira Sakti.

Sebelum kegiatan sosialisasi dimulai diawali dengan sambutan Kasiops Kasrem 161/Wira Sakti Kolonel Inf Horas Sitinjak yaitu ucapan terimaksih kepada ketua Tim Bapak Polce Ndolu beserta rombongan sosialisasi dari Damkar Kota Kupang sebagai Pemateri.

“Seperti yang kami sampaikan tadi pagi pada saat apel pagi, pagi ini kita ada kegiatan yang lumayan penting karena beberapa waktu yang lalu kita sempat di tegur dengan kejadian-kejadian yang unik di lingkungan asrama kita yaitu ancaman kebakaran sudah 2 kali terjadi. Puji Tuhan, syukur Alhamdullilah memang tidak terjadi sampai hal-hal yang membahayakan tetapi ini suatu teguran bagi kita dan ancaman itu bisa akan terjadi lagi kalau kita tidak antisipasi”, ungkapnya.

“Kemudian bisa akan terjadi lebih besar kalau kita tidak paham menanganinya. Perlu kami terangkan Pak Polce, di depan bapak ada sekitar 44 orang yang akan menerima penyuluhan dan mayoritas bagi prajurit kita yang tinggal di asrama komplek dan di sini juga ada Komandan Pangkalan ; ada 2 pangkalan yaitu di Kantor dan perumahan sehingga kami tahu bagaimana cara mengatasinya. Barangkali kami tahu tapi sudah lupa sehingga perlu penyegaran lagi buat kita semua”, kata Kasi Ops menambahkan.

“Jadi ada 2 tahapan yang akan kita laksanakan pagi ini ; yang pertama sosialisasi bagaimana pentingnya kita memahami bahaya kebakaran kemudian yang kedua, sebelum melaksanakan praktek di organisir oleh Ketua Tim Damkar Kota Kupang dan nanti kita akan melaksanakan praktek”. sambungnya.

Kegiatan Penyuluhan dimulai dengan Pemaparan Materi oleh Bapak Polce Ndolu dan selanjutnya dilakukan pelatihan penggunaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR).

Materi yang dibawakan adalah Fire Protection, penyebab kebakaran, klasifikasi kebakaran, penggunaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR), penempatan APAR yang tepat dan jenis-jenis APAR.

Pemateri menjelaskan 3 jenis Fire Protection yaitu : Pencegahan, Pemadaman dan Evakuasi. Kemudian juga menjelaskan klasifikasi api berdasarkan kelasnya, dimulai dari kelas A, B, C, D, E dan K. Selanjutnya dijelaskan bagaimana penempatan APAR yang tepat guna sesuai situasi dan kondisi. Penempatan APAR harus di titik-titik vital, mudah dilihat, dan dijangkau.

Terakhir Pemateri menjelaskan jenis-jenis APAR, fungsi dan cara penggunaanya. Setelah selesai menyampaikan materi, Bapak Polce Ndolu membuka sesi tanya jawab.

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan praktek penggunaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) di lapangan Hitam Makorem 161/Wira Sakti. Dalam praktek ini tim dari pemadam memberikan kesempatan kepada beberapa anggota untuk melakukan praktek pemadaman api menggunakan karung goni dan APAR. Kegiatan diakhiri dengan foto bersama dengan Anggota Makorem bersama tim Pemadam Kebakaran.
(*/WK)

  • Bagikan