Scroll untuk baca artikel
Daerah

Ansel Bahi Hadirkan Narasumber dari Provinsi Beri Pelatihan Kepada 105 Peserta Pengelola Perpustakaan Sekolah

280
×

Ansel Bahi Hadirkan Narasumber dari Provinsi Beri Pelatihan Kepada 105 Peserta Pengelola Perpustakaan Sekolah

Sebarkan artikel ini

INFOKINI.NET, LEMBATA – Perpustakaan daerah kabupaten Lembata mengelar bimbingan teknis layanan perpustakaan dan pengolahan bahan pustaka bagi pengelola perpustakaan sekolah dan desa.

Kegiatan bertempat di aula perpustakaan daerah kabupaten Lembata, Kamis (21/9/2023).

Dalam kegiatan bimtek tersebut, perpustakaan daerah kabupaten Lembata, dalam hal ini kadis perpustakaan daerah kabupaten Lembata, Anselmus Asan Ola menghadirkan narasumber dari provinsi untuk memberikan pelatihan kepada pengelola perpustakaan di sekolah-sekolah dan desa.

Usai kegiatan bimtek, kepala dinas perpustakaan Lembata, Anselmus Asan Ola kepada media ini mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan langkah awal untuk memperkuat pengelola perpustakaan.

“Karena sasaran pelayanan kita itu ke perpustakaan sekolah. Langkah awal ini kita perkuat dulu khusus pengelola perpustakaan,” ungkap Ansel Bahi sapaan akrab Anselmus Asan Ola.

Hari ini perpustakaan daerah memberi pelatihan kepada 105 orang pengelola perpustakaan.

“Dari 105 itu, 9 dari desa. Desa itu selama ini menjadi desa binaan perpustakaan daerah. Jadi kita libatkan mereka dalam kegiatan ini dan yang sisanya dari sekolah-sekolah,” jelas mantan camat Lebatukan ini.

Dikatakan Ansel, tujuan dari pelatihan ini agar mereka bisa mampu membantu kepala sekolah untuk mengelola perpustakaan dengan baik.

“Sehingga bisa menata perpustakaan lebih menarik lagi agar anak-anak dan guru bisa tertarik untuk membaca buku dan untuk menindaklanjuti juga kerja sama kita dengan sekolah-sekolah terkait dengan kami menitipkan masing-masing sekolah 100 eksemplar untuk kepentingan peningkatan literasi di sekolah sekaligus membina mereka untuk mengelola perpustakaan,” jelas mantan kadis pendidikan kabupaten Lembata.

“Nara sumber yang memberikan pelatihan ini kita datangkan dari perpustakaan provinsi,” tutup Anselmus Asan Ola, mantan kaban Kesbangpol kabupaten Lembata.

Sementara, penjabat bupati Lembata dalam sambutannya yang dibacakan oleh PLT asisten perekonomian dan pembangunan sekretaris Daerah, Donatus Boli mengatakan, program pembangunan perpustakaan dan menumbuhkan minat baca bagi masyarakat merupakan salah satu perhatian pemerintah saat ini.

“Hal ini perlu dilakukan agar masyarakat kita lebih cerdas dan mandiri. Dengan demikian keberadaan perpustakaan sebagai pusat informasi sangatlah dibutuhkan,” tegas Boli.

Ia berharap melalui bimtek ini perpustakaan-perpustakaan dapat di berdayakan dan dikembangkan secara terus menerus.

“Agar mampu memberikan kontribusi dalam menyediakan informasi bagi masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan sebagai modal dalam kegiatan pembangunan,” tutup Donatus Boli. ****