Kabar Gembira Bagi Masyarakat, PT Multi Guna Maritim Tambah Satu Armada Rute Kupang-Rote

INFOKINI.NET, KOTA KUPANG – Kabar Gembira bagi Masyarakat, PT Multi Guna Maritim akan menambah armada Kapal Motor Ferry (KMF) Garda Maritim 6  yang merupakan  kapal kedua dengan lintasan Kupang-Rote rencananya akan diluncurkan pada Maret 2021 mendatang.

“Dengan menambahnya satu armada KMF Garda Maritim rute Kupang-Rote, maka akan menambah volume lintasan menjadi 3 kali sehari ke wilayah tersebut,” ungkap GM PT Multi Guna Maritim, Yusak Benu, Kamis,(19/11/2020).

Dijelaskannya bahwa keinginan PT MGM menambah armada kapal fery tujuan Kupang-Rote,  karena ingin memberikan sumbangsih dalam kebutuhan transportasi laut di NTT, terutama lintasan Kupang-Rote.

Dikatakannya, testimoni dari penumpang sangat puas atas pelayanan KMF GM 3. Sejak ada KMF GM 3, makin memperlancar arus barang dan penumpang ke wilayah Rote sejak dua bulan lalu usai dilaunching.

“Ini menunjukkam bahwa wilayah Rote adalah pasar yang menjanjikan. Selain itu karena jalur ini waktu tempuh hanya 3 jam, dan  sejak awal jalan KMF GM 3 memberi promo yaitu kelas ekonomi juga bisa menikmati kelas VIP dengan selisih harga sedikit,  KMF GM 3 ingin memberi servis terbaik.  Sejak ada Garda Maritim, orang mau datang Kupang pagi hari sudah bisa tiba. Dan ke Rote pun sudah lancar karena dua kali perjalanan dalam sehari,” tutur Yusak.

Lebih jauh, Yusak mengatakan, KMF GM 3 dilengkapi teknologi baru yaitu mesin kiri kanan.

“Jika kapal dihantam ombak kiri maka kita akan tetap stabil karena mesin kanan akan mengimbangi. Memang kapal akan lebih goyang karena kapal tidak mengikuti goyangan ombak. Kapal tahan ombak dan tetap jalan, namun hantaman ombak ke kapal lebih banyak,” katanya.

Sementara, untuk kapal ketiga, katanya, sudah selesai pembuatan body tinggal dipasang mesin.

“Kapal ketiga ini kita akan coba masuk lintasan antara Sabu-Ende-Labuan Bajo. Jadi jika tidak ada direct maka kita akan putar, intinya ada kapal yang ke Labuan Bajo. Tapi Kapal ketiga kami dikasih ijin  rute perintis Lembata-Sikka-Nagakeo,” tegasnya.

Tambah Yusak, PT Multi Guna Maritim juga sudah jalankan janji kepada masyarakat NTT khususnya Kupang dan Rote setiap ambulans dikasih gratis.

“Pendeta-pendeta yang akan melakukan tugas pelayanan  di pedalaman dan servis lebih karena orang-orang seperti ini harus kita beri perhatian. Kita akan bantu bukan hanya mobil tapi juga penumpang kita kasih free naik dengan servis tambahan. Dan itu janji kita sejak awal bahwa kita datang bukan hanya cari uang tapi juga jadi berkat.” Tandasnya.

Yusak berharap, Pemprov NTT bisa membangun pelabuhan yang lebih besar. Sehingga bisa membuka pelayanan ke lintasan lain.

“Mesin kapal KMF Garda Maritim berkekuatan 1000 GT, dengan kapasitas penumpang 300 orang dan 40-an mobil truk karena  luas kapal 14 x 60 m, kecepatan 11 knot.  Untuk memberikan garansi kenyamanan dan keberaihan Kapal juga setiap hari difogging dan dibersihkan dan setiap minggu dicat. Memang ada permintaan kapal dengan 3000 GT tapi infrastruktur kapal di daerah belum siap.” pungkas Yusak. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *