Ziarah ke Makam Polo Ama, Kegiatan ini yang dilakukan FJL

INFOKINI.NET, LEMBATA – Memaknai Hari Ulang Tahun (HUT) ke 75 Republik Indonesia (RI), Forum Jurnalis Lembata (FJL)melakukan Ziarah ke Makam Polo Ama yang terletak di kampung Lewodoli, Desa Seranggorang kecamatan Lebatukan.

Polo Ama dikenal dengan seorang pejuang kemerdekaan, dalam sebuah penyerangan bersama Tentara Rakyat, berhasil membunuh komandan Belanda Sersan Eigman di Markas Belanda Lewoua.

Ziarah FJL hari ini, ada dua kegiatan yang dilaksanakan diantaranya, menabur rampe dan memasang bendera merah putih.

Ketua FJL, Aleksander Paulus Taum kepada wartawan mengatakan, kunjungan jurnalis hari ini sekaligus mau menyampaikan kepada Indonesia bahwa dari desa Seranggorang, ada satu pejuang yang turut berjuang untuk kemerdekaan Indonesia.

“Kedatangan kami hari ini, mudah-mudahan ada manfaatnya. Semoga ke depannya Polo Ama bisa didorong jadi Pahlawan Nasional,” ungkap San sapaan akrabnya.

Kepala Desa Seranggoran, Heribertus Pito mengatakan,
Perjuangan Polo Ama sungguh luar biasa karena bisa membunuh tentara Belanda.

“Jadi kita dari desa ini punya satu upaya mendorong pahlawan daerah masuk dalam pahlawan Nasional. Tetapi kita kesulitan terkait dokumen perencanaan,” terang Heribertus.

Menurutnya, kuburan Polo Ama merupakan salah satu tempat wisata karena beliau (Polo Ama) masuk dalam pejuang kemerdekaan waktu itu.

“Kami terkendala saat penataan lokasi. Jangan sampai intervensi, dana turun kita menyalahi aturan karena belum diakui,” pungkasnya. (Tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *