Kisah Mengabdi di SMP Negeri 18 Buru dan Sebuah Buku Berjudul “Jejak Pengabdian di Pelosok Nusantara”

INFOKINI.NET, LEMBATA – Luar biasa dan berbeda, tidak semua guru yang mengabdi di Pelosok Nusantara bisa meluangkan waktunya seperti yang dilakukan guru muda, Petrus Pito, S.pd, Gr. Guru Pit sapaan karib ini menghabiskan waktunya selama mengikuti himbauan pemerintah Stay At Home. Guru Pit Selain memberi murid didikannya tugas belajar di rumah, mantan mahasiswa Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang ini juga membagi waktunya untuk menulis sebuah buku berjudul”Jejak Pengabdian di Pelosok Nusantara”.

Ketika ditanya, motivasi menulis buku berjudul “Jejak Pengabdian di Pelosok Nusantara”, Guru Pit mengatakan bahwa, dirinya ingin menceriterakan pengalaman karier selama hampir 3 tahun mengabdi di SMP Negeri 18 Buru, Kampung Kaktuan, Kecamatan Fena Leisela Kabupaten Buru.

“Saya sendiri tulis ama, pengalaman selama di tempat tugas saya kumpulkan semua jadi satu tulisan ini,” jelas mantan siswa SMP Sinar Pelita Lodoblolong Lembata, kepada infokini via WA Senin (15/06) sore.

Guru Pit mengaku, buku tersebut berhasil ditulisnya dengan jangka waktu sebulan (1 bulan terhitung 15 Juni).

“Saya tulis kemarin mulai Corona itu Ama, pas satu bulan sekarang,” terang mantan siswa SMA Negeri 1 Nubatukan Lembata ini.

“Saya mulai menulis semenjak ada instruksi dari pemerintah tempat saya mengabdi dan setelah bergabung di salah satu media menulis online namanya Media Guru Indonesia,” sambung Pit.

“Jadi ini semua kisah selama pengabdian di tempat tugas sampai sekarang,” tambah mantan guru honor SMK Kesehatan Stella Maris Lewoleba ini.

                         Riwayat Hidup
Nama : Petrus Pito
Tempat Tanggal Lahir : Lewolera, 27 April 1986

Nama Orang Tua
Ayah : Karolus Kapitan
Ibu : Maria Lota Atu

                         Pendidikan
1992-1999 SDK St. Paulus Lodoblolong-SD Inpres Lamadale.
1999-2003 SMPK Adisucipto Kupang-SMP Sinar Pelita Lodoblolong.
2003-2005 SMA Negeri 1 Lewoleba.
2007 Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi Universitas Nusa Cendana Kupang, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan ilmu Pendidikan sampai tamat pada bulan Januari tahun 2012.

Setelah wisuda pulang honor di SMK Kesehatan Stella Maris Lewoleba kurang lebih tiga bulan.

Bulan Oktober lulus seleksi program SM-3T dan ditempatkan selama satu tahun mengajar di pedalaman Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara sampai bulan Oktober 2013.

Kembali dari Kalimantan utara mendapat Beasiswa untuk melanjutkan Program PPG selama satu tahun mulai dari Februari 2014 sampai wisuda Maret 2015. Sempat honor di SMPN 1 Ile Ape selama dua tahun sampai Juni 2017.

Tahun 2016 mengikuti seleksi CPNS melalui jalur khusus program GGD Kemendikbud dan lulus mendapatkan SK penempatan di SMPN 18 Buru Kabupaten Buru Propinsi Maluku sampai sekarang. (Djava)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *