Wali Kota Kupang Bersama Puluhan Wali Kota dari Berbagai Negara Bahas Covid-19 Via Aplikasi Zoom

INFOKINI.NET, KOTA KUPANG – Wali Kota Kupang, Dr. Jefri Riwu Kore (Jeriko), Minggu (10/5/2020) petang berdiskusi bersama puluhan wali kota dari berbagai negara. Diskusi via aplikasi zoom itu membahas berbagai hal terkait covid-19.

Para wali kota yang mengikuti video conference itu merupakan alumni sebuah forum internasional di Armenia tahun lalu. Mereka berbagi cerita tentang perkembangan covid-19 di daerah masing-masing dan cara penanganannya.

Wali Kota Jeriko mengikuti vicon tersebut dari rumah jabatannya. Ia menceritakan perkembangan covid-19 di Kota Kupang, yakni saat ini sudah terdapat 9 pasien positif covid-19 dan beberapa pasien lainnya yang masih menunggu hasil pemeriksaan.

Ia juga mengatakan Pemerintah Kota Kupang bekerja sama dengan kepolisian dan aparat TNI serta pihak swasta untuk bersama melawan covid-19 di Kota Kupang. Aparat bersama pemerintah selalu melakukan patroli untuk mengimbau masyarakat menaati protokol kesehatan.

“Kita mengimbau masyarakat mengikuti protokol kesehatan yang ditetapkan WHO dan pemerintah pusat. Kita juga dibantu kepolisian dan aparat TNI,” kata Jeriko.

Menurutnya, tak sekadar imbauan, tapi pemerintah juga turun tangan langsung dengan membagi-bagikan masker, tempat cuci tangan dan alat pelindung lainnya. APD yang dibagikan selain ke rumah-rumah sakit juga untuk masyarakat umum.

“Saya turun ke jalan-jalan untuk bagi-bagi masker untuk masyarakat. Semua (masyarakat) wajib mengenakan masker,” jelas Jeriko menggunakan bahasa Inggris dalam vicon tersebut.

Ia juga mengatakan Kota Kupang merasakan dampak yang luar biasa akibat covid-19. Apalagi Kota Kupang yang mengandalkan sektor jasa. Walaupun di Kota Kupang tidak ada industri besar, tapi industri-industri kecil sangat terdampak. Industri wisata seperti perhotelan, restoran, travel dan sebagainya sebagian besar ditutup.

Oleh karena itu, pemerintah mengeluarkan kebijakan berupa keringanan pajak bagi kalangan usaha. Pemerintah juga memberikan bantuan langsung kepada masyarakat berupa bahan pangan selama masa pandemi ini.

“Selain kita pemerintah daerah, pemerintah pusat juga membantu memberikan santunan untuk masyarakat,” ujar Jeriko.

Di akhir penjelasannya, ia berharap pandemi covid-19 segera berakhir. Dengan demikian, masyarakat menjalani kehidupan dengan normal dan semua sektor beroperasi kembali. Ia juga berharap semua pasien positif covid-19 di Kota Kupang cepat sembuh. (WK/RNC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *