Tujuh Pasien Positif Covid-19 di Kota Kupang Berjenis Kelamin Laki-laki

INFOKINI.NET, KOTA KUPANG – Berdasarkan hasil pemeriksaan laboratorium (metode RT-PCR) dalam kurun waktu satu Minggu ini, dilaporkan adanya penambahan 7 (Tujuh) konfirmasi positif COVID-19.

“Sehingga kumulatif kasus konfirmasi menjadi 8 (Delapan) orang Pasien Covid-19. Ketujuh pasien telah dipindahkan ke ruang isolasi RS Bhayangkara Kupang. Semua pasien konfirmasi ini berjenis kelamin laki-laki dan berumur sekitar 30 – 44 tahun. Saat ini mereka dalam keadaan stabil dan kami mendoakan agar diberikan kesembuhan dari Tuhan Yang Maha Kuasa,” ungkap jubir gugus tugas covid-19 Kota Kupang, Ernest Ludji, Jumat (01-05-2020).

Lanjut Ludji, delapan kasus konfirmasi di Kota Kupang merupakan kasus impor dimana mereka terinfeksi di luar Kota Kupang dan baru terkonfirmasi setelah berada di wilayah Kota Kupang.

“Sampai dengan saat ini, belum ada indikasi terjadinya penularan setempat,” kata Ludji.

Ludji menjelaskan, dua dari tujuh pasien konfirmasi positif bukan merupakan warga Kota Kupang tetapi upaya penangan tetap diberikan kepada semua pasien oleh Pemerintah Kota Kupang sesuai dengan protap penanganan pasien COVID-19 yang berlaku.

Sejak tiba di Kota Kupang, jelas Ludji, semua pasien konfirmasi ini telah menjalani masa karantina terpusat yang dipantau oleh Tim Bidokkes Polda NTT dan Tim Surveilans Dinas Kesehatan Kota Kupang.

“Saat ini tim terus bekerja sama untuk melakukan penelusuran kontak (contact tracing) dan penanganan terhadap kontak erat sesuai dengan protokol,” jelasnya.

Menurut Ludji, Tim contact tracing gugus tugas saat ini bekerja keras dalam upaya penelusuran kontak erat dari cluster Sukabumi, Gowa, dan Magetan. Sejauh ini untuk cluster Sukabumi tercatat ada tambahan 5 Orang Tanpa Gejala (OTG) dan 4 kontak erat yang masih akan dilakukan pelacakan lanjutan.

“Untuk cluster Gowa telah terdata 5 OTG dan 5 OTG dari cluster Magetan. Satu ODP Kota Kupang yang berasal dari cluster Magetan sudah dilakukan pengambilan spesimen,” pungkasnya. (AP/HMS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *