Inbate Desa Pinggiran Menuju Desa pariwisata

INFOKINI.NET, KEFAMENANU – Desa Inbate Kecamatan Bikomi Nilulat TTU – NTT adalah salah satu desa pinggiran yang berbatas dengan negara tetangga Timor Leste.

Desa yang dalam bayangan publik jauh dari segala hiruk pikuknya dunia,namun ternyata menjadi desa begitu menggiurkan bagi penikmat alam.

Desa yang berpenduduk ±1350 jiwa  dengan mata pencaharian sebagai petani ladang dan kebun ini menjadi salah satu Desa yang kaya akan seni dan adat budaya Timor ini disebut Suni Tolun auni Tolun Pah Mutis/hasil pergantian kemenangan perang suku pada Kelewang/Tombak dari Gunung Mutis atau Kampung hasil perjanjian Kerajaan Mutis(Nafa, Auni, Tusalak, Laome) dan Kerajaan Bikomi (Ato, Bana, Lake, Sanak). Inbate adalah salah satu anak kandung keturunan kerajaan Mutis yang masih menjaga dan melestarikan adat istiadat .Desa yang berpenduduk ±1350 jiwa  dengan mata pencaharian sebagai Petani ladang dan Kebun.

Tahun demi tahun berlalu,perubahan mulai terlihat ketika terbangunnya kelompok tenun Bineno di bawah asuhan Yakob Obe Tusala S.pd. Kelompok tenun mandiri yang berbekal tekad memanfaatkan potensi alam ini pelan namun pasti menjadi pendobrak lemahnya perekonomian di Inbate.

Kain Tenun yang berbahan dasar alam namun  mampu memikat hati para pengunjung domestik dan asing antara lain Bali, Belgia, Roma/Italia hingga mampu mendatangkan Yayasan Pecinta Budaya Bebali atau Threads Of Life.

Yakob tidak hanya tinggal diam dan puas dengan kelompok tenun , dia juga membuat dan mewujudkan ide gilanya dengan membuat kebun Edukasi. Kebun bukan sebatas kebun yang ditanami tanaman palawija, namun sebuah kebun yang di poles sedikit unik dengan gaya kampungan namun terlihat begitu menggoda.

Untuk sampai di kebun jalan berundak dan berliku ditata begitu rapi dan indahnya. Lopo – lopo yang berdiri di tengah kebunpun siap menanti pengunjung untuk melepas lelah.

Kebun yang sangat inspiratif penuh dengan aura sakral ini menjadi Ikon tersendiri bagi desa Inbate.

Dengan diresmikan dan dibukanya kebun Edukasi  oleh Dinas pariwisata Provinsi NTT yang diwakili oleh Kepala Bidang Destinasi  Eden Kalakik.SE.M.Si ini telah menjadi simbol kepedulian pemerintah akan pariwisata pedesaan.

Kebun Edukasi Tisbati Inbate akan menjadi pintu pembuka untuk membangun Inbate menjadi Desa Pariwisata pertama menyuguhkan berbagai adat budaya Timor yang dilengkapi dengan fasilitas homestay dan guide lokal yang mumpuni.

Kepala Dinas Pariwisata  dan Ekonomi Kreatif Provinsi Wayan Darmawan, sangat mengapresiasi sekali bahkan berjanji akan membantu dan mendorong Desa Inbate untuk menjadi Desa Pariwisata sebagai Desa percontohan bagi desa desa lain untuk bisa berkembang.

Desa Inbate punya kultur budaya dan Adat yang sangat kental dengan raja- raja Timor, dan itu akan terlestarikan dengan adanya sajian event event wisata ritual adat.

Dan untuk lebih menarik lagi ciptakan buku,  selebaran tentang Inbate, bila perlu bikin paket wisata, tutur Wayan Darmawan mengakhiri perbincangannya dengan Yakob Obe Tusala, Senin 30/03/2020. (MA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *