OMK Kapela HKY Bimoku Bakal Gelar Konser Pembangunan Kapela

KUPANG – Orang Muda Katolik Hati Kudus Yesus (OMK HKY) Bimoku Paroki St. Yoseph Pekerja Penfui-Kupang akan mengadakan Konser Pembangunan Gereja yang akan dihelat pada tanggal 15 Februari 2020 pukul 18.00 wita sampai selesai yang bertempat di Aula Paroki St. Maria Assumpta Kota Kupang.

Pastor Paroki St. Yoseph Pekerja Penfui RD. Krispinus Saku saat dikonfirmasi wartawan usai perayaan Ekaristi hari Minggu (19/01/2020) pukul 11.00 wita di Kapela Hati Kudus Yesus (HKY) Bimoku mengapresiasi kegiatan yang bakal digelar oleh OMK HKY ini.

“Niat baik semua komponen umat termasuk Orang Muda Katolik terhadap Gereja Katolik itu sangat dihargai apalagi untuk berprestasi. Itu sangat diapresiasi. Oleh karena itu saya sangat mendukung dan saya memberikan kesempatan untuk OMK ini berkreasi. Ini sikap yang baik dan luhur, apalagi ini kegiatan untuk mendukung proses pembangunan Kapela ini,” ucap RD. Kris.

RD. Kris menyampaikan jikalau pihaknya selaku pimpinan Gereja lokal yang mewakili Uskup menginginkan supaya OMK memiliki rasa kepedulian terhadap kebutuhan umat dan Gerejanya. Artinya, OMK sebagai agen perubahan di dalam Gereja lebih peka terhadap situasi sosial yang ada. Oleh karena itu dirinya mendukung secara total Konser Pembangunan Kapela yang digelar OMK HKY Bimoku.

Menurut RD. Kris, OMK HKY Bimoku telah berupaya untuk menjadi pribadi milenial yang penuh kreatifitas, tidak malas, terutama mau rela berkorban.

“Ini hal yang luar biasa. Mereka melakukan hal ini dari kekurangan dan keterbatasan mereka untuk membantu panitia dan umat Kapela HKY Bimoku untuk turut serta membangun dan mendirikan Rumah Tuhan,” puji RD. Kris.

Kapela HKY Bimoku berada di wilayah Paroki St. Yoseph Pekerja Penfui di Jalan Prof. DR. Herman Yohanes Kota Kupang dan saat ini sedang dalam proses pembangunan.

Oleh karena itu untuk membantu panitia dan umat yang ada, OMK HKY Bimoku melalui koordinasi Ketua OMK HKY Bimoku Timoteus Mau (Timo) dan Ketua Panitia Konser Pembangunan Kapela HKY Bimoku Mario Makin (Eksel) bersama segenap OMK yang ada berinisiatif untuk mengadakan konser yang bakal digelar ini.

Latihan Paduan Suara dan musik terus dilakukan setiap malam mulai pukul 18.00 wita hingga pukul 21.00 wita dengan materi lagu dan musik klasik serta tradisional.

Ada pun peserta konser yang akan bergabung adalah Paduan Suara OMK HKY Bimoku, Paduan Suara Vokalista Kmanek, Vocal Group Pendidikan Musik Unwira Kupang, Band Frater Claret, Suryadikara Voice, Solo, Duo, dan Trio.

Konser Pembangunan Kapela ini mengangkat tema “Love Is Divine.”

Ketua Panitia Konser Pembangunan Kapela HKY Bimoku Mario Makin (Eksel) menjelaskan kepada wartawan saat bersama di halaman Kapela HKY Bimoku pada hari Rabu (22/01/2020) petang bahwa, tema yang diangkat untuk konser itu merupakan hasil refleksi bersama OMK HKY Bimoku tentang Kasih Ilahi.

“Kakak ini kami renungkan bersama. Konser yang akan kita laksanakan itu bertepatan dengan momen kasih sayang atau Valentine’s Day. Nah dari sini kita mencoba merenungkan kasih Tuhan yang tidak terhingga. Kasih Tuhan itu tanpa batas. Oleh karena itu kami ingin mengajak semua orang untuk merenungkan tentang Kasih Tuhan ini. Kasih Tuhan yang telah kita terima secara gratis dari Tuhan, mari kita bagikan secara cuma-cuma kepada sesama. Kita membagikan kasih itu harus tanpa perhitungan. Membagi kasih itu harus tanpa kalkulasi. Mari kita saling mengasihi karena Tuhan Yesus sendiri mengasihi kita secara sempurna dan paripurna. Nah kebetulan Kapela kita ini belum rampung, saya mengajak semua umat Katolik di Kota Kupang atau siapa saja yang peduli untuk mengulurkan bantuan kasih sehingga Rumah Tuhan ini dapat segera dituntaskan,” kata Eksel Makin.

Sedangkan Ketua OMK HKY Bimoku Timo Mau mengatakan jika kegiatan Konser Pembangunan Kapela ini merupakan bentuk keterpanggilan seluruh OMK HKY Bimoku untuk mendukung pembangunan Kapela yang sedang berlangsung.

“Melalui tema kasih ini kami ajak semua orang untuk peduli. Ya, kami juga menyanyi ini tidak saja sekedar untuk mendapatkan uang, tetapi kami mau mengajak semua orang untuk berbagi kasih,” tukas Timo Mau.

Timo Mau juga menjelaskan kalau frase dalam 1 Yohanes 4:19, “kita mengasihi, karena Allah lebih dahulu mengasihi kita” diterjemahkan dari kalimat bahasa Yunani “hemeis agapao hoti autos protos agapao hemes” (kita mengasihi, sebab Ia lebih dahulu mengasihi kita). Frase “kita mengasihi” atau “hemeis agapao” adalah bentuk kata kerja present aktif subjunctif, artinya sesuatu yang sedang dan masih dilakukan. Kristus dalam Matius 22:34-40 meringkas tugas orang Kristen dengan hukum kasih, yaitu kasih kepada Tuhan, kepada diri sendiri dan kepada sesama. Kasih perlu memenuhi hidup kita dan mengontrol kasih yang lainnya. Semua kasih yang lain hanya dapat diperbaiki dan berfungsi dengan benar dalam proporsi yang tepat bila kasih mengontrolnya. Kasih ini mengatur relasi kita dalam keluarga, sesama, ditempat kerja (Yohanes 13:34), dan bagi mereka yang membutuhkan bahkan mereka yang memusuhi (Lukas 10:25-37).

Timo Mau dan Eksel menekankan bahwa Alkitab mengajarkan kasih merupakan sesuatu yang harus kita kembangkan, karena itu Alkitab memerintahkan untuk mengasihi dengan aktif. Kasih bukan sekedar keinginan berbuat baik, melainkan keputusan dan sikap melakukannya.

Dia akhir pembicaraan, Timo dan Eksel mengajak semua umat Katolik di Kota Kupang dan semua pihak yang menyukai musik untuk datang dan menyaksikan konser yang akan dilaksanakan itu.

“Tempatnya di Aula Paroki St. Maria Assumpta Kota Kupang pada tanggal 15 Februari 2020 jam 07.00 malam. Silakan datang bagi yang berminat dan kepada yang hendak membantu pembangunan Kapela ini kami menjual tiket konser sebesar 250.000 rupiah untuk VIP, 100.000 rupiah dan 50.000 rupiah untuk ekonomi. Bapak, mama, kakak, adik yang ingin membeli dapat menghubungi Nona Mey di 081237919702, 085239189914, dan 081338399426. Kami akan menampilkan yang terbaik untuk Tuhan,” tutup Timo dan Eksel sambil tersenyum. (Frids Wawo Lado)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *