Sat Brimobda NTT Gelar Rakernis Tentang Pengamanan Pemilu 2019

INFOKINI.NET, KOTA KUPANG – Satuan Brigade Mobile Daerah (Sat Brimobda) Nusa Tenggara Timur (NTT) menggelar Rapat Kerja Teknis (Rakernis) tentang pengamanan Pemilu, bertempat di Aula Mako Sat Brimobda NTT, Kamis (4/04/2019).

Kegiatan yang diikuti oleh para Komandan Batalyon atau Wakil, Para Kasi/ Kanit/ Bintara yang menjabat, perwakilan anggota dan para  Komandan Kompi Brimobda NTT  tersebut dibuka oleh Dansat Brimob Kbp Deonijiu De Fatima, S.I.K.,S.H dengan jumlah peserta sebanyak 60 orang.

Rakernis yang sebelumnya sempat tertunda karena intensitas tugas yang meningkat digelar guna pemantapan Standar Operasional Prosedur (SOP)dalam pengamanan proses pemilu.

Tema yang diusung adalah “Korps Brimob Polri yang  Promoter Siap Mengamankan Pemilu 2019 dan Menjaga Stabilitas Dalam Negeri Guna Keberlangsungan Pembangunan Nasional’’.

Dansat menyampaikan ucapan terima kasih kepada Ketua KPU Propinsi dan Ketua Bawaslu atas kehadirannya untuk memberikan pembekalan kepada peserta Rakernis.

“Kita ketahui bersama bahwa tahun 2019 merupakan pesta Demokrasi  dengan dilaksanakannya Pemilu Legislatif  dan Pilpres. Dinamika situasi  kamtibmas akan semakin tinggi dan memiliki potensi guantibmas yang cukup signifikan dan Satbrimobda NTT mewujudkan kesiapan dengan  personel dan sarana prasarananya,” kata Dansat Brimobda NTT.

“Kami berharap Narasumber memberikan informasi dan Ilmu Pengetahuan seputar Pemilu Legislatif dan Pilpres sehingga para peserta mampu mengkaji secara menyeluruh  serta dapat memetakan segala bentuk permasalahan tutur Dansat,” harap Putra Kelahiran Timor Leste ini.

Tambah Kbp Deonijiu, dengan dilandasi semangat Motto Pengabdian “JIWA RAGAKU DEMI KEMANUSIAAN” serta didukung  Motto Latihan Korps Brimob “TIADA HARI TANPA LATIHAN”, beberapa penegasan yang harus dilakukan peserta sebagai berikut : pertama Tingkatkan Keimanan dan Ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

Kedua Selalu ikuti dinamika perkembangan situasi yang terjadi di wilayah masing-masing.

Ketiga Pelihara dan tingkatkan terus Kemampuan Brimob dengan Latihan yang terencana dan terprogram. Keempat Analisis dan Evaluasi serta tingkatkan dedikasi, loyalitas dan kerja keras baik perorangan dan kesatuan.

Kelima Perhatikan penampilan Perorangan dan Kesatuan. Keenam Jaga Netralitas dan hindari arogansi dalam pelaksanaan tugas.

Ketujuh Bijak dalam menggunakan Medsos serta Bangun dan Pelihara Harmonisasi dan Sinergitas dengan Satuan Polda, TNI dan Stake holder lainnya.

Selesai sambutan oleh Dansat, acara dilanjutkan dengan pembekalan oleh ketua KPU Provinsi NTT yang diwakili oleh Bapak Jeffry A. Galla selaku anggota Komisioner KPU yaitu “Mewujudkan Pemilu yang LUBERJURDIL” dan “Contoh Tanda Coblos Sah/Tidak Sah pada Surat Suara”.

Adapun poin yang disampaikan adalah Pelaksanaan pemilu yang LUBERJURDIL, Data Jumlah Pemilih di Nusa Tenggara Timur,Tata Cara Pemberian Suara,Pengenalan macam-macam warna surat suara, Pengenalan Partai Politik peserta Pemilu.

Sedangkan Ketua Bawaslu Provinsi NTT yang diwakili oleh Bapak Baharudin Hamsah selaku Koordinator Divisi SDM dan Organisasi memaparkan  “Peran Bawaslu dalam Pengawasan Pemilu” dengan intisari meliputi  Tugas, wewenang dan Kewajiban Bawaslu, Penjelasan mengenai Tahapan Kampanye,Pengawasan Masa tenang,Tugas dan Wewenang Pengawasan TPS.

Sesi tanya jawab yang dipandu moderator menambah bekal para Perwira dalam melaksanakan tugas Pengamanan tersebut.

Kegiatan Rakernis dilanjutkan dengan paparan kesiapan para Danyon, Danki dan Kasi secara bergantian. (HMS/WK)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *