Pererat Sinergitas dan Solidaritas, ZALAS NTT Adakan Reuni Perdana

INFOKINI.NET, KOTA KUPANG – Untuk Mempererat Sinergitas dan Solidaritas antara TNI dan POLRI, Leting TNI/POLRI menamakan diri  ZALAS Nusa Tenggara Timur (NTT) yang terdiri dari empat (4) angkatan yaitu, Zld – zero lima dua (Polri), Albagaz-almamater bintara pk. 13 (AD), Lcd -leting cepe delapan ( AL), Albanam-almamater Bintara 2006 (AU), Std- Sepolwan tiga dua (Polwan) mengadakan reuni perdana, bertempat di Restoran Suba Suka, Sabtu (16/03/2019).

Ketua Panitia acara reuni perdana ZALAS NTT,  sekaligus perwakilan Korem 161 Wira Sakti Kupang, Serka Sugeng Purwanto menjelaskan, ZALAS NTT terbentuk pada 4 maret 2018 dengan jumlah anggota sebanyak 500 orang.

Menurutnya, ZALAS ini bukan di NTT saja, tetapi ZALAS sudah menyebar di seluruh Indinesia. “Namun untuk kata Zalas lahir di NTT, dan itu Kita perlu bangga,” katanya.

Pewakilan Kodim 1604 Kupang, Sertu Muh. Adidisfadilah Zain  mengatakan, dengan adanya group ZALAS ini  dapat menepis atau menghilangkan image masyarakat yang selama ini menganggap TNI dan POLRI tidak bersatu.

“Dengan adanya kegiatan seperti ini, kita bisa membuktikan bahwa TNI dengan POLRI ini bisa bersatu untuk menjaga keamanan negara ini. Dari sisi TNI tugasnya untuk menjaga keamanan Negara dan dari POLRI untuk menjaga Keamanan dan Ketertiban.  Dengan momen ini kita mau membuktikan kepada masyarakat  bahwa  kami (TNI dan POLRI) adalah saudara,” terang Sertu Muh. Adidisfadilah Zain.

Sementara Perwakilan POLRI, Ipda Elpidus Kono Feka, S.sos mengaku, dari kondisi nasional dua organisasi, TNI dan Polri selalu dibenturkan oleh kepentingan orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Lanjutnya, dengan kehadiran ZALAS ini menjadi momentum awal untuk membangun solidaritas antara TNI dan POLRI.

“Ke depan kita akan rancang kegiatan-kegiatan bersifat sosial atau yang bersifat seni sehingga dengan sendirinya akan memunculkan kepada masyarakat bahwa TNI dan Polri itu sebenarnya Kompak dan Solid,” ungkap Putra Kelahiran TTU ini.

Dirinya menjelaskan bahwa tugas dari TNI dan POLRI adalah untuk memberikan rasa nyaman kepada masyarakat Indonesia khususnya Masyarakat NTT.

“Saya berharap komunikasi kita ini akan dikembangkan dengan kegiatan-kegiatan positif. Karena sebagai penggerak perdana maka kita berharap muncullah inisiatif senior dan junior untuk membentuk komunitas seperti ini,” harapnya

“Dengan membentuk komunitas seperti ini masyarakat akan melihat TNI dan POLRI adalah dua organisasi yang berada pada garda terdepan untuk mempertahankan negara kita dari ancaman luar, sekaligus menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di dalam negeri sehingga roda pembangunan yang sementara bergulir dapat berjalan sesuai dengan visi dan misi pembangunan negara khususnya di provinsi NTT. Ke depan kami Zalas NTT berkomitmen dengan bergandengan tangan untuk menghadirkan rasa aman kepada masyarakat pada umumnya,” tambahnya.

Sejarah Terbentuknya ZALAS di NTT 

Zalas di NTT dibentuk pada  tanggal 04-Maret-2018, yang terdiri dari 4 angkatan yaitu :

1. Zld – zero lima dua (polri)

2. Albagaz-almamater bintara pk. 13 (AD)

3. Lcd -leting cepe delapan ( AL)

4. Albanam-almamater Bintara 2006 (AU)

5. Std- Sepolwan tiga dua (polwan)

Terbentuknya ZALAS tidak terlepas dari tugas utama sebagai Alat Pertahanan Negara dalam Mengayom dan Melindungi Masyarakat dengan menyampingkan Ego Sektoral Matra.

Ibarat 4 Anak,  ZALAS diLahirkan dari Bumi Kandung Ibu Pertiwi pada tahun yang sama yaitu 2006 dengan Beda Nama tapi satu Darah, dimana Kami Tidak Sedarah tapi Lebih dari Suadara dengan Tujuan Utama Menjaga Keutuhan NKRI dengan mengedepankan Sinergitas dan Solidaritas Tanpa Batas.

Kehadiran ZALAS NTT sebagai Bukti bahwa Ita Esa dalam Pengabdian di Bumi Flobamora selama 13 Tahun yang selalu mengutamakan Solidaritas sehingga terbentuk sinergitas dalam Kebersamaan menjaga Bingkai NKRI dan Harapan Kami ZALAS bisa menjadi contah Bagi rekan-rekan TNI dan Polri yang Lain agar tidak selalu menonjolkan Ego Sektoral dalam Pengabdian tetapi menjadi satu dalam Keutuhan NKRI. (Willy)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *