Wali Kota Kupang Cabut Status Tanggap Darurat Bencana Puting Beliung 

INFOKINI.NET, KOTA KUPANG – Wali Kota Kupang, Jefirsthon Riwu Kore (Jeriko) secara resmi mencabut status tanggap darurat, setelah seminggu kejadian bencana angin puting beliung melanda beberapa kelurahan di kota Kupang.

“Hari ini status tanggap darurat di Kota Kupang kita cabut,” terang Jeriko saat menyerahkan bantuan kepada para korban bencana angin puting beliung di posko kelurahan Liliba, Jumat (08/03/2018).

Menurut Jeriko, walaupun status tanggap darurat dicabut, Pemerintah Kota tetap memantau kondisi warga di kelurahan yang mengalami bencana.

“Saya berterima kasih kepada Danramil, Kapolres dan semua jajaran, BPBD, dan semua stakeholder yang terlibat dalam penanganan masalah yang menimpa saudara-saudara kita di Kelurahan Liliba, Penfui, Fountein dan Oetete,” ungkap Jeriko.

Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Kupang tercatat korban puting beliung sebanyak 183 Kepala Keluarga (KK) dengan daerah sebaran yakni kelurahan Liliba sebanyak 161 kk, Penfui 20 kk, Fontein dan Oetete, masing-masing  1 kk dengan total bantuan sebesar Rp300 juta.

“Secara keseluruhan, dana bantuan mencapai Rp300 juta dengan kategori tingkat kerusakan yang variatif berdasarkan perhitungan dari tim assesmen,” kata Plt BPBD kota Kupang, Ade Manafe.

Kepala Dinas Sosial, Retnowati mengatakan, Dinsos mengeluarkan 5,4 ton Beras Cadangan Pemerintah (BCP) guna membantu pangan bagi 183 keluarga yang masing-masing mendapatkan sebanyak 29,5 Kilogram (Kg).

“Untuk bantuan pangan khusus beras, Dinsos mengelontorkan sebanyak 5,4 ton beras cadangan pemerintah yang di bagikan bagi keluarga korban bencana,” tandas Retno. (Willy)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *