Ketua TP PKK Provinsi NTT : Penenun Harus Mental Pengusaha

INFOKINI.NET, KOTA KUPANG – Ketua Tim Penggerak (PK) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) Julie Sutrisno mengatakan bahwa, untuk menjadi penenun (orang yang menenun) harus memiliki mental pengusaha.

Ungkapan ini disampaikannya usai melantik Ny. Maria Cahyani Idong sebagai Ketua TP.PKK sekaligus Ketua Dekranasda Kabupaten Sikka, bertempat di Aula Fernandes, Gedung Sasando Lantai IV, Kantor Gubernur NTT, Kamis (20/09/2018).

“Para penenun harus punya mental pengusaha dan terus menjaga kualitas tenun, agar harganya benar-benar wajib untung. Karena kalau tidak, itu istilahnya hanya sekali pukul jualannya,” ungkap istri orang nomor satu NTT.

Lanjut Julie, antara penenun dan pedagang tidak bisa berjalan sendiri. Kata Julie, penenun dan pedagang harus membutuhkan sektor-sektor dalam mengembangkan usaha tenun.

“Dengan Menenun sangat membantu masyarakat. Tetapi Marketnya (Pasar) ke mana,” tutur Julie

Menurut Julie, pentingnya penenun menjalin hubungan dengan sektor pariwisata, pertanian dan Dekranasda, sehinga bisa dijadikan agro wisata.

“Berkolaborasi itu penting. PKK dan Dekranasda membangun kerja sama pada sektor dan semua kita membutuhkan setiap sektor. Itu yg dilakukan sekarang. Budaya ini saya sudah bawah ke luar negeri dan nilai jual kita di sana adalah budaya. Jadi harus pertahankan budaya menegah,” terang Julie

Sementara untuk nilai jual tenunan di luar daerah, jelas Julie, masih berada pada tahap promosi.

“Saya baru mempromosikan, belum bisa menjual karena saya mesti menyiapkan di dalamnya dulu takutnya market yang minta. Kita rapikan dulu dalam baru bisa promosikan ke luar,” tandas Julie sapaan akrab. (Willy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *